Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Klegen

Devi Hemas Vitaloka, Dwi Nila Andriani, Purwati Purwati

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas IVB SDN 01 Klegen, di mata pelajaran IPAS pada materi kegiatan ekonomi jual beli. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Untuk jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB yang berjumlah 29 orang. Peneliti dibantu guru kelas IVB untuk mengumpulkan data observasi kegiatan pembelajaran. Untuk data hasil kognitif peserta didik, peneliti menggunakan tes tulis sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil yang diperoleh peneliti pada kegiatan pra siklus, presentase ketuntasan hasil belajar pada peserta didik kelas IVB menunjukan hasil yang mengecewakan yaitu 34,48%. Kemudian setelah tindakan pada siklus I, presentase ketuntasan hasil belajar pada peserta didik kelas IVB sudah mengalami banyak peningkatan yaitu 72,41%. Setelah tindakan perbaikan yang dilakukan di siklus II, nilai hasil belajar peserta didik pada tes meningkat secara signifikan yaitu ada 26 peserta didik memiliki nilai yang memenuhi syarat ketuntasan dengan presentase 89,65%. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan metode TaRL ini berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVB pada pelajaran IPAS, serta dapat membantu peserta didik kelas IVB untuk mencapai capaian pembelajaran sesuai dengan kemampuannya.


Keywords


Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Teaching at the Right Level (TaRL)

Full Text:

PDF

References


Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 50–52.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); Edisi Revi). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Lufri, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Startegi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran (M. A. Maulida (ed.)). CV IRDH. https://books.google.co.id/books?id=qCrxDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP2#v=onepage&q&f=false

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif.” Aula Handayani IKIP Mataram, 130–143.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Pinton Setya Mustafa, M. P., Hafidz Gusdiyanto, M. P., Andif Victoria, M. P., Ndaru Kukuh Masgumelar, M. P., & Nurika Dyah Lestariningsih, M. P. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas (Issue January). https://www.researchgate.net/publication/349089092_Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_dan_Penelitian_Tindakan_Kelas_dalam_Pendidikan_Olahraga/link/63c211016fe15d6a571970bd/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devi Hemas Vitaloka, Dwi Nila Andriani, Purwati Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.