Pengembangan Multimedia Mobile Learning pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Sangen 01 Tahun Ajaran 2023/2024

Rukma Nur Kumalasari, Sri Utami, Ririn Afidah

Abstract


Media pembelajaran penting digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan multimedia mobile learning pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Sangen 01 Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan yaitu R&D menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia mobile learning terdiri 1 Bab materi pembelajaran dan multimedia mobile learning layak digunakan. Presentase hasil uji kelayakan
menunjukkan 62% dari keseluruhan jumlah responden menyatakan multimedia mobile learning sangat layak dan 38% menyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Media pembelajaran, mobile learning, IPAS

Full Text:

PDF

References


Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik : Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. 1–6.

Anisafitri, P. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas Vii. Griya Cendikia, 7(2), 560–574. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.393

Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162.

Fauzi, D. D. N. W. A. (2021). Aplikasi Mobile Learning Jurusan Multimedia Berbasis Android Pada Smk 1 Anjatan Indramayu. Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.51977/jti.v3i1.400

Fauziyah, R., & Kurniawan, K. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 439–442. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1379

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Haka, N. B., Suryaasih, P. A., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Mata Pembelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(1), 1. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3202

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 1(2), 53. https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334

Hastiningrum, D., & Haryanto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Journal of Educational Evaluation Studies …, 1(3), 202–213. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/11089

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Irwanto, Taufik, R. A., Hernawan, H., & Rizal, S. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Dan Mobile Learning Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1), 36–54.

Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie dalam Pengembangan. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Muyaroah, S. (2017). Efektifitas Mobile Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 23–27.

Nurcahyo, M. A., Guru, P., Dasar, S., Nahdlatul, U., Kalimantan, U., & Barat, K. (2020). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA. 9(2), 132–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077

Ranya, Z. A., Jamhari, M., & Rede, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Panca Indra dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas 1VA SDN 5 Pusungi Zulham. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(2), 60–66.

Rivaldo, M. I. A., Warso, & Cahyadin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Group Investigation pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 3 Ciamis. 11(1), 103–111.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 27(2), 59–66.

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Sambung, D., Sihkabuden, & Ulfa, S. (2018). Pengembanganbelajar Mobileberbasis Gamifikasi Untukpenguasaan Kosakata Bahasa Jepang Kelas X SMAN 1 Garum. 121–129.

Senduk, E. P., Sinsuw, A., & Karouw, S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14929

Sukmawati, F. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 36–44.

Wahyudi, A., Dwi Agustin, R., Ambarawati, M., & Utomo, I. B. (2022). Pengembangan Media Aplikasi Geotri Pada Materi Geometri Berbasis Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 62–70.

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620

Yuhanna, W. L., Pratiwi, K., & Lukitasari, M. (2020). Pengembangan lks berbasis high order thinking skills (hots) dengan jumping task (jt) pada materi daur biogeokimia sma kelas x. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 5(2013), 48–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rukma Nur Kumalasari, Sri Utami, Ririn Afidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.