Pengaplikasian Model Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I SDN 02 Kanigoro Terhadap Soal Cerita Operasi Hitung Campuran dengan Menggunakan Media Papan Hitung

Ayustinia Farnida Ramadhani, Octarina Hidayatus Sholikhah, Upik Wahyuni Nawang Putri

Abstract


Pembelajaran matematika dipandang sebagai pengalaman belajar yang tidak menyenangkan oleh sebagian siswa. Hal ini dikarenakan permasalahan matematika merupakan permasalahan yang sulit untuk dipecahkan. Sehingga siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis agar dapat memahami dan memecahkan permasalahan matematika. Realistic mathematic education (RME) dianggap sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami permasalahan matermatika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian model pembelajaran RME dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 02 Kanigoro dalam memahami soal cerita operasi hitung campuran. Metode penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan, yakni perencanaan, pengambilan tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pemberian test dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan teknik analisa data kuantitatif maupun kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yakni sebesar 76,42 pada siklus I dan meningkat menjadi 91,52 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian RME dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami soal cerita operasi hitung campuran.


Keywords


Realistic Mathematic Education, Media Papan Hitung, Operasi Hitung Campuran

Full Text:

PDF

References


Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik Mathematic Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedi, 7(1), 807–815.

Cipta, H., & Haq, I. N. (2021). Pendekatan realistic Mathematicss Education Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik, IX(2), 61–71

Fathurrohman, M. (2015) Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Fauzan, A., Musdi, E., & Yani, R. (2017). The influence of realistic mathematics education (RME) approach on students' mathematical representation ability. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 173, 9–12. https://doi.org/10.2991/icei17.2018.3

Haqina, F., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model P embelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.453

Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media

Kusnandar. 2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Lady, A., Utomo, B. T., & Lovi, C. (2018). Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering and Technology, 7(2), 55–57. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954

Mulyati, A. (2017). Pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90-97. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.8484

Ndiung, S., Sariyasa, Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The effect of treffinger creative learning model with the use RME principles on creative thinking skill and mathematics learning outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873-888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a

Nurhannisa, Titis Dwi & Aritsya Imswatama (2022). Penerapan Model Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/ article/view/6100/1662

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2021). Teaching mathematics with mobile devices and the Realistic Mathematical Education (RME) approach in kindergarten. Advances in Mobile Learning Educational Research, 1 (1), 5-18. https://doi.org/10.25082 /AMLER.2021.01.002

Saprizal. (2018). Pemanfaatan media audio visual berbasis realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Raudhatun Najah Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 2(2), 41-49. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.797.

Shandy, May. (2016). Realistic Mathematics Education (Rme) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, Desember 2016, hlm. 47-58

Warsito, Darhim, & Herman, T. (2018). Improving students’ mathematical representational ability through RME-based progressive mathematization. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012038. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012038


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayustinia Farnida Ramadhani, Octarina Hidayatus Sholikhah, Upik Wahyuni Nawang Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.