Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Esa Dian Lestari, Rischa Pramudia Trisnani, Wiwik Setyowati

Abstract


Karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, mereka bergantung pada keterlibatan dan interaksi orang lain untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menjalankan kehidupannya, seseorang memerlukan bantuan orang lain. Etika sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat karena etika berfungsi sebagai prinsip panduan bagi individu untuk melakukan perbuatan baik dan menahan diri dari perilaku tidak bermoral dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang fokus pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sebagai sarana pemberian bantuan kepada siswa yang beretika sosial rendah di SMPN 11 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan teknik sosiodrama dalam sesi konseling kelompok dengan tujuan untuk meningkatkan nilai moral dan perilaku sosial siswa. Dengan teknik sosiodrama peserta didik akan memiliki kesadaran pentingnya etika pergaulan dalam kehidupan sebagai makhluk sosial. Berdasarkan siklus yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan bimbingan konseling mendapatkan hasil bahwa pada siklus 1 masing-masing peserta didik hanya menunjukkan satu indikator yang mencerminkan etika dalam pergaulan. Sedangkan berdasarkan hasil observasi pada siklus 2 peserta didik telah mampu menunjukkan 7 indikator yang mencerminkan etika dalam pergaulan. Dengan demikian, layanan pelatihan kelompok teknis sosiodrama dapat dikatakan dapat membantu siswa menjadi lebih bermoral.


Keywords


Etika Pergaulan, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Anggriani, N., Husen, M., & Martunis. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa SMK Negeri 1 Kluet Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah. 1(1), 65-71.

Azmi, Lina Nur. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Pergaulan Siswa Kelas VII SMPN 51 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.101-112.

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 1(1), 43-51.

Ma’rufi, Tsalasatun Inayah, dkk. (2023). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Peserta Didik Kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Prosiding. Universitas PGRI Semarang.

Mulyaningtyas, B. Renita Dan Yusup Purnomo Hadiyanto. (2007). Bimbingan Dan Konseling untuk SMA Dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Murti, F.K., & Nursalim, M. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Pergaulan Siswa. Jurnal BK UNESA. 8(1).

Ningsis, L., Wicaksono, L., & Purwanti, P. (2019). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Dengan Teknik Sosiodrama Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–8.

Rismi, Ridho., dkk. (2022). Bimbingan Kelompok dalam Pemahaman Nilai Empati untuk Meningkatkan Sikap Prososial siswa. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia).8(1)

Sari, Reni Selviana. (2014). Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Etika Pergaulan Peserta Didik Kelas VII MTS ASYSYAFI’IYYAH Jatibarang Kabupaten Brebe Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi.Universitas Pancasakti Tegal.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Esa Dian Lestari, Rischa Pramudia Trisnani, Wiwik Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.