Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis RME dan Sosio Culture
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam meyelesaikan masalah matematika berbasis RME dan sosio culture. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geger. Adapun subjek pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi (2 siswa), sedang (2 siswa), rendah (2 siswa). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Intrumen pendukung pada penelitian ini adalah instrumen tes yang berisikan masalah matematis berbasis RME dan sosio culture serta pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian didapatkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan konseptual dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dari soal. Siswa dengan kemampuan sedang cenderung melakukan kesalahan konseptual, dan kesalahan teknis dalam mengidentifikasi soal dan kesalahan dalam membuat kesimpulan. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan konseptual, prosedural, dan teknis diantara kesalahan yang dilakukan yaitu kesalahan dalam mengidentifikasi soal, kesalahan dalam mengoprasikan bilangan, dan kesalahan dalam menarik kesimpulan. Penyebab siswa dalam melakukan kesalahan yakni karena siswa tidak dapat membaca soal dengan baik, tidak bisa memahami permasalahan matematika yang ada pada soal, tidak bisa menganalisis dan mengidentifikasi operasi hitung, dan kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan permasalahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriliziana, L. A., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Melayu Kepulauan Riau. Jurnal Analisa, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.15575/Ja.V7i2.14753
Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1508
Azmia, S., & Soro, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Taksonomi Solo Pada Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.681
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V8i1.805
Hasibuan, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9, 486. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i3.5287
Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jppm.V10i1.1290
Lusiana, R., Krisdiana, I., & Aisyah, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif. Jems: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.25273/Jems.V6i2.5354
Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021). The Effectiveness Of Problem Based Learning (Pbl) On Mathematics Learning Achievement In Terms Of Student Adversity Quotient (Aq). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), Article 02. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V11i02.7670
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), Article 01. Https://Doi.Org/10.35450/Jip.V10i01.269
Shafa Salsabila, -. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Newman [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. Http://Repository.Upi.Edu/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Uun Unzila Mushofiroh, Restu Lusiana, Tri Andari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.