Manajemen Paguyuban Wali Murid PAUD di Cendekia Kids School Madiun

Ghemma Ika Aninda Yulia, Sofia Nur Afifah, Alisa Alfina

Abstract


Keterlibatan orang tua menjadi salah salah penentu dalam keberhasilan program di PAUD. Guru sebagai pendidik menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan orang tua untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak dengan lebih. Keterlibatan orang tua siswa merupakan salah satu wadah untuk menjalin kerjasama antara orang tua dan sekolah di PAUD, untuk itu penting manajemen paguyuban  wali murid agar tujuan paguyuban wali murid siswa bisa terapai sesuai harapan. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai manajemen paguyuban wali murid PAUD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer yaitu kepala sekolah dan sumber data sekunder literatur dan dokumen mendukung penelitian. Penelitian ini dilakukan di Cendekia Kids School (CKS) Madiun. Hasil penelitian ditemukan bahwa hubungan antara guru dan orang tua terjalin harmonis. Pada saat akan mengadakan kegiatan yang melibatkan orang tua para guru dan orang tua kompak melakukan perenanaan untuk mendukung keberhasilan kegiatannya dan mengevaluasi setelah kegiatan. Sebagian besar orang tua terutama pengurus paguyuban wali murid aktif mengikuti setiap pertemuan rutin dengan guru dan antusias setiap kali terlibat dalam kegiatan. Memberi kritikan dan saran kepada guru. Manajemen paguyuban di Cendekia Kids School sudah berjalan dengan baik dimana antara guru dan orang tua secara rutin berkomunikasi mengenai proses pembelajaran baik secara langsung maupun tidak. Guru dan orang tua juga aktif secara komunikasi melakukan musyawarah,menampung ide-ide setiap akan ada kegiatan. Membagi peran dalam kegiatan sehingga semua dapat berperan aktif

Keywords


Manajemen, Paguyuban wali murid, Lembaga PAUD

Full Text:

PDF

References


Gogahu, F. K., & Wijayaningsih, E. L. (2023). Manajemen Keterlibatan Orang Tua di KB TK Satria Tunas Bangsa Jln. Hasanudin No. 3b, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7425-7431.

Gorontalio, D. (2018). Panduan program pelibatan orang tua berbasis paguyuban kelas di satuan PAUD.

Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149-158.

Ikhsan, A., Nurochmah, A., & Mus, S. (2019). Paguyuban kelas di sd negeri. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 25-32.

Patimah, S. N., & Fauzi, M. I. F. (2023). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(4), 94-108.

Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31-44.

Rahayu, S. S., & Muna, S. F. (2023). Keterlibatan Paguyuban Orangtua Murid dan Guru (POMG) sebagai Upaya untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 4(3), 124-131.

Rohman, A. (2017). Buku dasar-dasar manajemen.

Sofyan, A., Suharti, L., & Kusmayadi, Y. (2017). Model kemitraan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan paguyuban orang tua.

Wiyani, N. A. (2020). Dasar-Dasar Manajemen PAUD. Yogyakarta: Arruzz Media.

Yuliasari, H., & Fitria, N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam program sekolah di TK Raudlatul Azhar. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(2), 28-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ghemma Ika Aninda Yulia, Sofia Nur Afifah, Alisa Alfina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.