Penerapan Media Ular Tangga pada Pelajaran Matematika Kelas 1 untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik

Faradila Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Abstract


Matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep menjadikan matematika mata pelajaran sulit dimengerti oleh peserta didik. Media dan model pembelajaran yang kurang menarik menjadikan peserta didik kurang bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok karena masih cenderung bermain sendiri dan hanya beberapa peserta didik saja yang fokus pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik pada pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kooperatif Tipe Games Tournament (TGT). yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Pangongangan yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, tes dan angket untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil kolaborasi peserta didik di dalam kelompok menggunakan media ular tangga pada siklus II. Dengan demikian penerapan media ular tangga efektif digunakan pada pelajaran matematika pada kelas 1 untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik.


Keywords


Media Ular Tangga; Keterampilan Kolaboratif; Matematika

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Galih Febriana, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Collaborative Siswa SD. Jurnal : Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Bali : Universitas pendidikan Ganesha.

Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.

Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61478

Raini, G. K. (2021). Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6 (1), 58. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.42944

Siregar, Hotman Tiolina, dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Hewan Berdasarkan Makannya Di Kelas IV SD Negeri 068007 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2022/2023. Indonesia : Universitas Quality.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faradila Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.