Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Pembangun Pertunjukan Drama Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji efektivitas penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun pertunjukan drama pada siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan mengidentifikasi siswa. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa adalah 62 dan tidak ada yang mencapai KKM. Setelah diterapkan model ini, siklus I nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 73 dengan 17 siswa mencapai KKM. Siklus II, juga mengalami kenaikan nilai rata-rata menjadi 84 dan seluruh siswa mencapai KKM.
Keywords
Drama, Unsur Pembangun Pertunjukan Drama, Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share.
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, N., dkk. (2019). Model Pendidikan Inovatif Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru
Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: LPPM Universitas Islam 45
Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bantul: Bening Pustaka
Fahmi dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. Indramayu: Adanu Abimata
Soleh, D. R. (2021). DRAMA: Teori dan Pementasan. Madiun: UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Habib Tri Wahyono, Dwi Rohman Soleh, Sri Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.