Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Pembangun Pertunjukan Drama Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024

Nur Habib Tri Wahyono, Dwi Rohman Soleh, Sri Agustin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji efektivitas penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun pertunjukan drama pada siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah siswa kelas XI D SMA Negeri 1 Nglames pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan mengidentifikasi siswa. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa adalah 62 dan tidak ada yang mencapai KKM. Setelah diterapkan model ini, siklus I nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 73 dengan 17 siswa mencapai KKM. Siklus II, juga mengalami kenaikan nilai rata-rata menjadi 84 dan seluruh siswa mencapai KKM.

Keywords


Drama, Unsur Pembangun Pertunjukan Drama, Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share.

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, N., dkk. (2019). Model Pendidikan Inovatif Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru

Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: LPPM Universitas Islam 45

Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bantul: Bening Pustaka

Fahmi dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis. Indramayu: Adanu Abimata

Soleh, D. R. (2021). DRAMA: Teori dan Pementasan. Madiun: UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Habib Tri Wahyono, Dwi Rohman Soleh, Sri Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.