Penerapan Model PBL Berbantuan Media KOPI GORO pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Eva Risdianah, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Pangongangan Kota Madiun dengan menggunakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media KOPI GORO (Kotak Pintar Gotong Royong) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi pola hidup gotong royong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yang menggambarkan nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh siswa yaitu pada pra siklus sebesar 52% siswa yang memenuhi ketuntasan, pada siklus I meningkat menjadi 76% siswa yang memenuhi ketuntasan, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 88% siswa yang memenuhi ketuntasan. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan berbantuan media KOPI GORO (Kotak Pintar Gotong Royong) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Keywords


Problem Based Learning (PBL), KOPI GORO (Kotak Pintar Gotong Royong), Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Ariyani B, &. K. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.

Khotima, E. S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Siswa Sekolah Dasar Dengan Model PBL Berbantuan Komik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5923.

Mira Azizah, J. S. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 61.

Ratna Dila Cahyaningsih, A. F. (2023). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Riangga Maharani, N. H. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Informasi Dalam Model PBL (Problem Based Learning) Sebagai Penunjang Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Materi Gotong Royong Bagi Peserta Didik Kelas IV SD Pancasila. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Siti Fatimah Dwi Husadawati, B. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03. Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK (p. 622). Semarang: Seminar Nasional PPG UPGRIS.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winoto, Y. C. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eva Risdianah, Endang Sri Maruti, Tunjung Dwi Untari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.