Implementasi Media Pembelajaran STUDECOS Berbasis Google Site Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKS Gamaliel 2 Madiun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui pengaruh implementasi media pembelajaran STUDECOS berbasis Google Site terhadap motivasi belajar siswa di SMK Gamaliel 2 Madiun. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan ( field research ). Penelitian ini dilaksamakan di SMK Gamaliel 2 Madiun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner melalui pengisian google form yang dilakukan oleh peserta didik setelah penerapan pembelajaran menggunakan media STUDECOS. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran STUDECOS berbasis google site memiliki dampak positif serta sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMK Gamaliel 2 Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media STUDECOS berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 67,1 %, sedangkan sisanya sebesar 33,9 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan penggunaan STUDECOS yang mudah diakses dan ditur – fitur didalamnya yang simple, menarik, dan mudah dipahami. Sehingga peserta didik dapat tmengaksesnya dimana saja dankapan saja. Diharapkan hasil dari penelitian ni dapat dijadikan masukan untuk pihak terkait untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Edukasia, J. E., Azizah, N., Islam, U., Rahmat, R., Islam, U., Rahmat, R., & Indonesia, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar 1 Universitas Islam Raden Rahmat Malang , Malang , Indonesia Pendahuluan Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahka. 6(1), 72–81. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4674
Elvira, Neni Z, D. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/indexDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Hafidzhoh, K. A. M., Madani, N. N., Aulia, Z., & Setiabudi, D. (2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(1), 390–397. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/download/1142/933
M Mariani. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 2018, 32–41.
Marlina, D. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021, 266–273. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5622/4872
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Sabandar, V. P., & Ramadhani, W. P. (2023). Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.61-67
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sugeng. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Syukur Nur Widhiyah, Wikanso Wikanso, Yan Min Setyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.