Media Ecobrick sebagai Alternatif Pemahaman Numerasi di SMP Al-Amnaniyah Karangjati dengan Konsep Ramah Lingkungan pada Mata Pelajaran Prakarya

Florensa Putri Valentina, Dwi Nila Andriani, Siti Rofiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ecobrick sebagai alternatif pemahaman numerasi di SMP Al-Amnaniyah Karangjati pada mata pelajaran prakarya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur. Metode dengan mengumpulkan data dan bahan dari berbagai sumber seperti jurnal untuk menemukan referensi dan teori sesuai bahan bahasan. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa media ajar ecobrick sangat efektif untuk meningkatkan semangat, motivasi dan minat siswa dalam belajar terutama dalam pembelajaran prakarya. Sehingga melalui penerapan media ecobrick dalam pembelajaran prakarya ini, dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Keywords


Prakarya, Media, Ecobrick, Pembelajaran, Numerasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, I., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Daur Ulang Sampah Plastik Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 5654-5661.

Aryanto, S., Markum, P. V., & Husadha, C. (2019). Ecobrick sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 94-99..

Dalimunthe, Syaiful; Yasmin; Rembune, Zahwa; Febriani, Nur; Aida, Zuhrina. (2023). Penggunaan Ecobrick dalam Upaya untuk Mengurangi Volume Limbah Sampah Plastik di Desa Pematang Johar Dusun XV. JUTIN : Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 1238-1242.

Gunawan, R., Nadia, D., Hijrotussulusi, & Hidayatullah, N. (2024). Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Ecobrick (sofa) Dalam Upaya Mengurangi Sampah Plastik di SMPN 16 Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7-15.

Khoirunnisa, H., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2021). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Ecobrick Pada Anak Usia Dini. PAUDIA, 211-217.

Nurgiyanto, T. R., Rulviana, V., & Rohmanurmeta, F. M. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Matematika di SDN 01 Klegen. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 174-183.

Palupi, W., Wahyuningsih, S., Widiyastuti, E., Nurjanah, N. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pemanfaatan Ecobricks Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. DEDIKASI: Community Service Report, 28-33.

Vionita, B. S., Nurmasyanti, L. D., & Ayunda, Y. (2023). Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Media Pembelajaran IPA di Kelas V MIS Al-Iftiros Tanjungsiang Subang. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 14-19.

Yusiyaka, R. A., & Yanti, A. D. (2021). Ecobrick Solusi Cerdas dan Praktis untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 68-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Florensa Putri Valentina, Dwi Nila Andriani, Siti Rofiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.