Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT melalui Media Permainan Ludo pada Peserta Didik Kelas V di SDN 02 Kanigoro Madiun

Filda Dwi Utami, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Abstract


Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek penting keterampilan berbahasa dalam ruang lingkup pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian yang dilakukan di kelas V SD N 02 Kanigoro pada pembelajaran menulis pantun menunjukkan peserta didik kurang antusias dan kesulitan dalam memahami cara penulisan pantun. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu agar memberikan peningkatan terhadap keterampilan menulis pantun pada peserta didik kelas V di SD N 02 Kanigoro yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui permainan ludo. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 27 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini juga memakai instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes yang ditulis dalam bentuk esai. Instrumen ini digunakan untuk mengukur seberapa besar keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran melalui penggunaan permainan ludo. Hasil dari tes tertulis dan observasi menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 54,6 pada tahap pra-siklus, dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,3%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 76,11 kemudian pada siklus II mengalaimi peningkatan dengan nilai rata-rata 86,8. Sebagai hasilnya, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas V SD N 02 Kanigoro Madiun mampu meningkatkan kemampuan menulis pantun secara signifikan dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) melalui metode permainan ludo.

Keywords


Kooperatif Tipe TGT, Menulis Pantun, Permainan Ludo

Full Text:

PDF

References


Anastasya, V.E.dkk.(2020). Permainan Ludo Sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan.2(1),9-14.

Idawati, M. P. Implementasi Teori Pembelajaran Tematik Dan Kognitif Terhadap Perkembangan Proses Belajar.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, Jakarta.

Marhadi. (2019). Permainan Ludo Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Volume, 7(2), 19–31

Minardiningsih, B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Di SMP Negeri 1 Sakra Barat. Fondatia, 3(1), 42 – 54.

Monica, W. A., & Qurrotaini, L. (2019). Pengembangan Media Evaluasi Berupa Permainan Dona (ludo fauna) pada Materi Daur Hidup Hewan. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 94–101.

Nisa,R.H.,& Wiryanto.(2019). Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD.JPGSD,7(3)

Oktavienna, K.M. , & Warsiman. (2022). Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 646-657

Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Solori,A.A.R. & Hastuti.(2021) . Permainan Ludo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia secara Daring di MIS Borong Kapala. Indonesian Language Education and Literature,7(1), 58-70

Sugiarto, E. (2013). Cara Mudah Menulis Pantun, Puisi, Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.

Tarigan, 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Percetakan Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Filda Dwi Utami, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.