Penanaman Nilai Kesetaraan Gender pada Siswa melalui Peran Guru di SMK Gamaliel 1 Madiun

Diah Ayu Novita Sari, Teja Insyaf Sukaryadi, Yuni Harmawati

Abstract


Hak memperoleh pendidikan haruslah diperhatikan mengingat pentingnya pendidikan, terutamanya bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang rentan memunculkan ketimpangan gender.  Pada penelitian ini masalah terfokus pada ketimpangan jumlah siswa dan siswi SMK Gamalile 1 Madiun, yang menempatkan siswi perempuan menjadi minoritas. Hal ini rentan akan memunculnya sikap diskriminasi disekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak guru dalam menjalankan perannya sebagai sumber belajar dan pembimbing dalam menanamkan nilai kesetaraan gender pada siswa, yakni berupa nilai kesetaraan, nilai keadilan dan nilai kebebasan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif study kasus, dengan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan guru menjalankan perannya sebagai sumber belajar dan pembimbing dalam menanamkan nilai kesetaraan gender, yakni nilai kesetaraan, keadilan dan kebebasan, telah tertanam nilai kesetaraan pada diri siswa dan berdampak pada terwujudnya iklim belajar yang toleran terhadap perbedaan gender.

Keywords


Pendidikan, Peran guru, Kesetaraan gender

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. syakir Media Press.

Akip, M. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam. Edification Journal, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.222

Alia, N. (2022). Internalisasi Nilai Kesetaraan Gender Melalui Keteladanan Guru Di SD/MI Kota Bandung. Equalita, 4(1), 136–150. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/download/10901/4471

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, M. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 8(5), 566–572.

Ananda, R. (2019). BUKU PROFESI KEGURUAN (Perspektif Sains dan Islam). In PT RajaGrafindo Persada.

Aniqurrohmah, S. F. L. (2023). Kesetaraan Gender Dan Nilai Nilai Yang Terkandung Di Dalamnya Menurut Hak Asasi Manusia. Jurnal Dunia Ilmu Hukum (JURDIKUM), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.59435/jurdikum.v1i2.170

Asih, T. W., Romas, M. Z., & Rohyati, E. (2019). Hubungan Antara Kesetaraan Gender Terhadap Sikap Memilih Jurusan pada Siswa SMA X di Kabupaten Klaten. Jurnal Psikologi, 15(1), 39–47.

Audina, D. J. (2022). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4), 148–154. https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.602

Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 7(2), 142–165. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v7i2.239

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyanti, S., Honesti, L., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (Issue Maret). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis (Vol. 12).

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Muh. Khaerul Watoni A., H. W. H. Z. (2020). Penerapan Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada SiswaDi SMAN 5 Mataram. Solidarity 9, 1(Kesetaraan Gender, Pendidikan), 811–822. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/38849

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Mursidah, M. (2014). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Dan Keadilan Gender. Muwazah, 5(2), 277–292. https://doi.org/10.28918/muwazah.v5i2.350

Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827

Noviani, D., Muyasaroh, & Musfiyanti. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender dalam Keluarga. SOSIOLOGIA : Jurnal Agama Dan Masyarakat, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35905/sosiologia.v1i1.3396

Nunung Nurjanah. (2020). Pengaruh Guru Dan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kesadaran Gender Siswa Kelas Xi Sman I Sindang Indramayu. SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 1(01), 1–22. https://doi.org/10.37842/sinau.v1i01.3

Roziqin, A., Suwitri, S., Apryanto, A. A., & Sihidi, I. T. (2019). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender Di Provinsi Jawa Tengah Education Based on Gender Equality in Central Java Province Ali Roziqin. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(2), 202–210.

Saeful, A. (2019). Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi, 1, 17–30.

Syafi’i, I., Santoso, A., & Syahri, M. (2021). Citra Perempuan dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1535. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15047

Syakrani, A. W., Hasuna, F., Hamidah, Hermida, & Sawitri, K. (2022). Model, Tujuan, dan Sistem Pendidikan Di Negara Indonesia. Adiba: Journal of Education, 2(3), 399–412.

Werdiningsih, W. (2020). Analisis Kesetaraan Gender Pada Pembelajaran Program Keahlian Teknik Di Smk Pgri 2 Ponorogo. Kodifikasia, 14(1), 71. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i1.1915

Yuniarti, E. S. (2018). Pendidikan Bagi Perempuan Jawa Pada Abad Ke 19. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 12(1), 30–38. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4117

Zuhri, S., & Amalia, D. (2022). Ketidakadilan Gender dan Budaya Patriarki di Kehidupan Masyarakat Indonesia. Murabbi : Jurnal Ilmiah Dalam Bidang Pendidikan, 5(1), 17–41. https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/murabbi/article/download/100/99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diah Ayu Novita Sari, Teja Insyaf Sukaryadi, Yuni Harmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.