Meningkatkan Ketrampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Melalui Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Media Filpbook di SDN 02 Kanigoro Kabupaten Madiun

Endah Pratiwi, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas III dalam menulis teks informasi penting. Hal ini disebabkan pembelajaran yang berlangsung tidak terfokus pada latihan menulis informasi penting .Untuk menyiasati permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pembelajaran kooperatif cooperative learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dimana siswa berkolaborasi dalam kelompok kecil dan saling membantu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks informasi penting. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kanigoro 02 Kota Madiun yang berjumlah 22 orang. Penyidikan yang dilakukan bersifat PTK (class action).Instrumen yang digunakan meliputi angket observasi dan evaluasi untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar dan lembar observasi untuk memantau partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan media flipbook. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media flipbook mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas III SDN 02 Kanigoro Madiun secara signifikan. Dari hasil pretes, postes dan observasi, terlihat peningkatan yang cukup besar dalam tingkat konsentrasi belajar peserta didik dari pra-tindakan hingga siklus II. Pada awalnya, hanya 45,45% peserta didik yang mencapai skor konsentrasi belajar di atas


Keywords


Hasil Belajar, Cooperative Learning, Flipbook

Full Text:

PDF

References


Ahya, M., Ahmad, S., & Fitriani, Y. (2021). The Role of Principal and Teacher Leadership to Improve the Quality of Learning in SMA Negeri 5 OKU. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 411–423.

Anda Juanda, A. J. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research.

Gillies, R. M. (2014). Cooperative learning: Developments in research. International journal of educational psychology, 3(2), 125–140.

Hendriman, P., & Adi, K. (2021). THE DISCOVERY OF THE SUNKEN LOCATION OF KRI NANGGALA-402: THE TRIUMPH OF INDONESIA’S DEFENSE DIPLOMACY? Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 114(6), 3–16.

Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Epistema, 2(2), 90–99.

Putra, H. (2023). Implementasi Metode Character Cultivation Dalam Dunia Pendidikan Militer. Jurnal Darma Agung, 31(3), 378–394.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Yasin, F. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 142–153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Endah Pratiwi, Cerianing Putri P, Atik Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.