Integrasi Computational Thingking (CT) dalam Pembelajaran Sejarah Materi Masuknya Hindu Budha di Indonesia

Elsa Devi Arsitha, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah

Abstract


Sejarah Indonesia merupakan sebuah mata pelejaran yang diampu di jenjang sekolah menengah ke atas (SMA). Pada era saat ini telah memasuki eran endidikan pada abad 21 yang merupakan sebuah implikasi perkembangan masyarakat dari masa ke masa. Dalam dunia pendidikan pendidikan abad 21 ini membawa perubahan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Untuk memusatkan pembelajaran yang lebih memanfaatkan IPTEK, maka dibutuhkan Computational Thingking (CT) dalam pembelajarannya.Computational Thinking merupakan teribisan baru yang dikembangkan di Indonesia selama beberapa tahun terakhr. CT merypakan cara berpikir secara computer dengan menggunakan cara berpikir yang logis,sistematis, efektif dan efisien dalam menyelessaikan sebuah masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya CT sebagai konsep berpikir baru yang lebih modern dalam dunia pendidikan pada adad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pendidikan pada abad 21 dalam pembelajaran sejarah 2) Pemanfaatan CT dalam bidang pendidikan 3) Integrasi Computational Thinking (CT) dalam pembelajaran sejaran masuknya hindu budha di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kuliatatif merupakan sebuah pendekatanyang digunakan untuk memahami suatu fenomena. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi yang menggambarkan suatu informasi yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Integrasi Computational Thingking (CT) dalam Pembelajaran Sejarah  Masuknya Hindu Budha di Indonesia, benar-benar dipusatkan dengan baik di saat pembelajaran tersebut dilaksanakan di kelas:

Keywords


Integrasi, Computational thinking, Pembelajaran, Sejarah Indonesia

Full Text:

PDF

References


Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2113. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf

Arsitha, E. D., Yatmin, & Wiratama, N. S. (2023). Peran Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Terhadap Penyebaran Agama Hindu di Desa Bajulan 1998-2022. 6, 880–886.

BSNP. (2010). LAPORAN BSNP TAHUN 2010. Jakarta.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Handini, O. et. al. (2023). Inovasi dalam Pembelajaran Abad 21 (R. Widyaningrum, Ed.). Surakarta: UNISRI Press.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.). Medan: Wal ashri Publishing.

Izzah, N. A., Suwaibatulilla, A., Khasfiyatin, S., Jayati, R. T., & Supeno, S. (2023). Profil Computational Thinking Skill Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1218. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9193

Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121.

Kristiandari, C., S., D., Akbar, M., A., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking dan STEM dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V-B SD Kanisius Kadirojo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4794–4806.

Maharani, Swasti; Nusantara, Toto; Rahman As’ari, Abdur; Qohar, A. (2020). Computational Thinking: Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. WADE Group.

Nara Setya Wiratma. (2021). Istoria Vol 17 No 1 Maret 2021.

Ogegbo, A. A., & Ramnarain, U. (2022). A systematic review of computational thinking in science classrooms. Studies in Science Education, 58(2), 203–230. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1963580

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kadir (Koneksi,Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, Dan Refleksi) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa. 1–252.

Sidi, I. D. (2003). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Devi Arsitha, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.