Integrasi Computational Thingking (CT) dalam Pembelajaran Sejarah Materi Masuknya Hindu Budha di Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2113. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf
Arsitha, E. D., Yatmin, & Wiratama, N. S. (2023). Peran Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis Terhadap Penyebaran Agama Hindu di Desa Bajulan 1998-2022. 6, 880–886.
BSNP. (2010). LAPORAN BSNP TAHUN 2010. Jakarta.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.
Handini, O. et. al. (2023). Inovasi dalam Pembelajaran Abad 21 (R. Widyaningrum, Ed.). Surakarta: UNISRI Press.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.). Medan: Wal ashri Publishing.
Izzah, N. A., Suwaibatulilla, A., Khasfiyatin, S., Jayati, R. T., & Supeno, S. (2023). Profil Computational Thinking Skill Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1218. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9193
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121.
Kristiandari, C., S., D., Akbar, M., A., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking dan STEM dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V-B SD Kanisius Kadirojo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4794–4806.
Maharani, Swasti; Nusantara, Toto; Rahman As’ari, Abdur; Qohar, A. (2020). Computational Thinking: Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. WADE Group.
Nara Setya Wiratma. (2021). Istoria Vol 17 No 1 Maret 2021.
Ogegbo, A. A., & Ramnarain, U. (2022). A systematic review of computational thinking in science classrooms. Studies in Science Education, 58(2), 203–230. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1963580
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kadir (Koneksi,Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, Dan Refleksi) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa. 1–252.
Sidi, I. D. (2003). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elsa Devi Arsitha, Yudi Hartono, Siti Nurkholipah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.