Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi di Kelas V Sekolah Dasar

Ela Novanda, Diyah Santi H, Zalita Vidiani N

Abstract


Para guru dituntut untuk aktif dan kreatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang didukung oleh media Quizizz pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Eksplanasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SDN Manguharjo, dengan melibatkan 24 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Pembelajaran dilakukan menggunakan pendekatan TaRL dengan bantuan media Quizizz. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata peserta didik pada kegiatan pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2 masing-masing adalah 66, 78, dan 89. Persentase ketuntasan belajar pada pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2 masing-masing sebesar 54%, 71%, dan 87,5%. Mengingat indikator keberhasilan hasil belajar peserta didik yang ditetapkan adalah 80% dengan nilai N > 75, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan TaRL yang didukung oleh media Quizizz dalam pembelajaran Bahasa Indoensia materi Teks Eksplanasi di kelas V sekolah dasar dapat dinyatakan berhasil.


Keywords


Teaching at the Right Level (TaRL), Quizizz, Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara.

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8-8.

Lailia, S. A., Fatimah, S., Seftiana, A. F., Ayu, S., & Rista, V. N. (2023). Mengintegrasikan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd Pada Era Revolusi Industri 5.0. SIGNIFICANT: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(01 Juni), 82-89.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11.

Wulandari, W., & Fauziati, E. (2022). MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN PAULO FREIRE. Journal of Syntax Literate, 7(3).

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ela Novanda, Diyah Santi H, Zalita Vidiani N

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.