Modul Multimedia Berbasis Guided Inquiry untuk Literasi Sastra Kelas IV SD

Dyah Ayu Setyo Pramesti, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan sasaran penelitian dan diwujudkan dalam bentuk modul multimedia berbasis guided inquiry untuk literasi sastra. Jenis penelitian ini adalah R & D dan metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Addie yang terdiri dari (analyse, design, develop, implement, dan evaluate). Sampel dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya; wawancara, observasi, dan angket atau kuisioner. Uji validitas modul multimedia dilakukan oleh validator ahli yakni ahli media dan ahli materi. Hasil total skor dari uji kelayakan produk mendapatkan skor 81% yang dapat dikategorikan “sangat layak”. Modul multimedia sangat layak dan valid digunakan sebagai sarana pembelajaran bahasa Indonesia serta mampu memfasilitasi peserta didik dengan bacaan literasi sastra yang dapat digunakan secara mandiri


Keywords


Modul Multimedia, Guided Inquiry, Literasi Sastra

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. R., Andinasari, A., & Lia, L. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Zat Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V8i1.2491

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6m Di Sekolah Dasar. 3(1), 42–52.

Aryawan Rizki, Sudatha, W. G. I., & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. In Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha (Vol. 6, Issue 2).

Asmoko, A. S. W., Fitriyana, Y., & Amimi, S. A. (2022). Tingkat Literasi Sastra Di Sma Setangerang Selatan. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 106–111.

Ayu, D. N. M., Widyaningrum, H. K., & Hastuti, D. N. A. (2020). Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Digital Untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sdn Temenggungan 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 878–888.

Azis, A. G., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Lagu Rumus Matematika Berbasis Audio Player Untuk Kelas Vi Sd/Sederajat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 140–152. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V1i3

Daely Bimerdin. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menyusun Resensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Xi Sma.

Danu, A. K. (2019). Optimalisasi Budaya Literasi Melalui Komunitas Sastra Anak Di Sdk Ruteng 3, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 307–314.

Giatri, S. N., & Mustika, D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tema 6 Subtema 3 Untuk Kelas V Sdn 21 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1453–1464. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V11i5.9167

Gunawardhana, L. K. P. D., & Palaniappan, S. (2016). Possibility Of Using Multimedia Application For Learning. GSTF Journal On Computing (JOC), 5(1), 77–83. Https://Doi.Org/10.5176/2251-3043_4.4.356

Harmawati, D., Indriwati, E., & Gofur, A. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Disertai Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas Viii.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Magdalena, I., Maulida, A., & Azizah, N. W. (2024). Model Desain Addie Pada Pembelajaran Di Sd Negeri Kedaung Wetan Baru 2. 3(2), 10–20. Https://Doi.Org/10.9644/Scp.V1i1.332

Muzayyanah, E., Saraswati, D. L., & Setyowati, L. (2022). Pengembangan Modul Multimedia Terintegrasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fisika.

Novia Yosa, Zaim Muhammad, & Rozimela Yenni. (2022). Interactive Learning Using E-Learning Module In Learning English For Senior High School: A Review Of Related Articles. JELITA: Journal Of Education, Language Innovation, And Applied Linguistics, 1(2), 125–134. Https://Doi.Org/10.37058/Jelita.V1i2.5306

Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Saefullah, A., Rohimah, R. B., Firdaus, B. F., Hasan, A., Ahmad, R., El Islami, Z., & Sari, I. J. (2022). Syntax Of The Guided Inquiry Learning Model Based On Local Wisdom Of Baduy’s Society Towards Scientific Literacy On Environmental Conservation Theme. Gagasan Pendidikan Indonesia, 3(1), 31–36. Https://Doi.Org/10.30870/Gpi.V3i1.14787

Oktavia, D. A., Nursuhud, P. I., Kurniawan, M. A., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). Application Of Multimedia Learning Modules Assisted By “Tracker” Virtual Laboratory To Train Verbal Representation Of Class XI High School Students. Journal Of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1233/1/012055

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1–8. Http://Ejurnal.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/JPE

Pratiwi, C. P., & Widyaningrum, H. K. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Keterampilan Menulis Kelas IV. 112–119.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran Ipa Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Vol 9 No.1.

Puspitasari, Diyan. R., Mustaji, & Danu, R. R. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman Dan Penemuan Konsep Dalam Pembelajaran Ppkn. In JIPP (Vol. 3).

Retnoningtyas, W. A., Widyaningrum, H. K., & Ayuningtias, N. (2023). Peningkatan Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 Sdn Oro-Oro Ombo Madiun Menggunakan Bantuan Google Docs Dan Aplikasi Canva. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 3309–3328.

Rustamana A, Suandi M, Rahma Zahra S, & Nugroho E. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Hand Out, Dan Lks Dalam Pembelajaran. Volume 1, Nomor 8, 101–112.

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, Volume 11, No.2, 57–60.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 2). Http://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Jpd

Setiyadi, Wahyu M., Ismail, & Gani, A. H. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Journal Of Educational Science And Technology (Vol. 3).

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. In Conference Series Journal (Vol. 1, Issue 1).

Suryaman, M. (2017). Sastra, Media Massa, Dan Literasi Membaca Siswa Indonesia.

Wahyuni, T., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Pada Pokok Bahasan.

Widyaningrum, H. K. (2018). Analisis Tokoh Pada Cerpen “Ibu Pergi Ke Laut” Melalui Pendekatan Kritik Mimetik Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Http://Journal.Uad.Ac.Id/Index.Php/BAHASTRA, XXXVIII(1), 2548–4583. Https://Doi.Org/10.26555/Bahastra

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) Di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V8i2.221


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dyah Ayu Setyo Pramesti, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.