Strategi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Geger 2024

Dwi Galih Aji Wibowo, Yudi Hartono, Anjar Mukti Wibowo

Abstract


Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa pendidikan  penting dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Melalui pendidikan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan, membangun peradaban bangsa, melestarikan kebudayaan, dan lain sebagainya. Pemerintah menaruh perhatian serius pada sektor pendidikan, karena kemajuan negara dimulai dari pendidikan. Perhatian  pemerintah antara lain meningkatkan anggaran pendidikan, mengambil kebijakan terkait peningkatan mutu pendidikan, menyelesaikan permasalahan pendidikan pada tingkat  dasar, menengah, dan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan agar mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Kurikulum pendidikan di Indonesia sendiri sudah banyak mengalami perubahan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Harapan berubahnya kurikulum dapat membuat pendidikan menjadi lebih baik. Kurikulum yang di gunakan oleh sistem pendidikan Indonesia saat ini adalah Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini merupakan kurikulum yang di perbaharui dari versi sebelumnya yaitu kurikulum 2013.

Kurikulum ini digunakan bagi sekolah yang sudah mampu atau sekolah yang sudah bisa mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Geger. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasi;, 1) penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Geger sudah diterapkan sejak 2 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2022, 2)strategi yang diterapkan oleh guru ips di smpn 2 geger meliputi;pembelajaran diluar kelas, diskusi, permainan/games 3) masalah yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran ips adalah peserta didik yang masih tetap harus dituntun dan jelaskan tidak bisa langsung dilepaskan secara mandiri. 4) solusi bagi masalah yang dihadapi oleh guru pendidik adalah dengan cara menggunakan contoh langsung sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini.


Keywords


Strategi Guru, Kurikulum Merdeka, mata pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Gunawan, A. (2022). IMPLEMENTASI DAN KESIAPAN GURU IPS TERHADAP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 11(2), 20–24. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.246

STRATEGI GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR.pdf. (n.d.).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).

Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Galih Aji Wibowo, Yudi Hartono, Anjar Mukti Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.