Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Budaya Pelajaran IPAS Kelas IV

Dina Arina Lutfiana, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning pada mata pelajaran IPAS materi keberagaman budaya Indonesia pad kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning pada materi keberagaman budaya Indonesia di kelas IV. Siswa pada penelitian ini adalah sebagai subjek yaitu siswa kelas IV Semester II SDN Tempursari 02 yang terdiri dari 13 siswa. Hasil dari belajar siswa Kelas IV Semester II SDN Tempursari 02 dengan model pembelajaran PBL pada penelitian ini merupakan objek penelitian. Jenis penelitin yang digunakan yaitu metode yang digunakan dalam penelitian inin adalah Tindakan Kelas (PTK). Penggunaan metode PTK ini dikarenakan peneliti bertujuan dalam menanggulangi permasalahan mengenai hasil belajar IPAS siswa kelas IV materi Keberagaman Budaya Indonesia dengan mengamati mengevaluasi peningkatan hasil belajar dari segi pengetahuan atau kognitif secara efektif dan sistematis. Berdasarkan presentase pada pra siklus ketuntasan siswa di kelas IV dalam kemampuan kognitif hanya 4 siswa atau 31% yang berhasil mencapai atau melebihi KKM sehingga dapat dikatakan tuntas. Sementara 10 siswa atau 69% belum mencapai KKM, sehingga dapat dikatakan tidak tuntas. Memasuki siklus 1 dari jumlah siswa tersebut meningkat menjadi 7 siswa atau 54% yang berhasil mencapai atau melebihi KKM sehingga dapat dikatakan tuntas. Sementara 6 siswa atau 46% belum mencapai KKM, sehingga dapat dikatakan tidak tuntas. Memasuki siklus II dari jumlah siswa tersebut meningkat menjadi 7 siswa atau 54% yang berhasil mencapai atau melebihi KKM sehingga dapat dikatakan tuntas. Sementara 6 siswa atau 46% belum mencapai KKM, sehingga dapat dikatakan tidak tuntas. Berdasarkan dari hasil yang telah diperoleh maka penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sangat berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi keberagaman budaya kelas 4 sekolah dasar.

Keywords


Penerapan model pembelajaran PBL, Hasil belajar, Keberagaman budaya

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja.

AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47.

Anzelina , D. (2018). Penerapan Metode Utama (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri No. 101731. hal.2.

Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765

Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.

Darmawan Harefa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1540.

Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Sipayung. (2018). Pengaruh Pola Asih Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI di SD Negeri Muala Bolak 4 Kec. Sosorgadong . Vol. VI.

Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1). https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461.

Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dina Arina Lutfiana, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.