Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Bowling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII E SMPN 4 Kota Madiun

David Muhammad Fandika, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati

Abstract


Motivasi belajar intrinsik siswa ditingkatkan oleh berbagai faktor. Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran perlu adanya motivasi belajar. Dalam hal ini, terdapat banyak siswa kelas VII E yang masih kurang motivasi belajarnya, menurut observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 4 Madiun. Banyak siswa yang melakukan hal-hal seperti menyelinap keluar kelas untuk ngobrol dengan teman, tertidur di kelas, tidak memperhatikan kelas, bermain ponsel di luar kelas, dan salah menaruh pekerjaan rumah. Hasil belajar siswa terpengaruh karena faktor-faktor tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar, yang pada akhirnya menyebabkan upaya belajar di bawah standar. Dengan bantuan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi bowling, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII E SMPN 4 Madiun. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam metode penelitian yang dikenal dengan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMPN 4 Madiun pada kelas VII E. Layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan teknik permainan simulasi media bwoling dapat meningkatkan motivasi siswa, sesuai dengan hasil yang diperoleh dimana pertumbuhan setiap siklus membuktikan hal ini.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi Permainan Bowling, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajran. Lantanida Journal, vol. 5 No. 2

Lesmana, Asep Rohiman. 2012. Efektifitas bimbingan Kelompok melalui Teknik Bercerita untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Skripsi. Prodi PPB FIP UPI. Tidak Diterbitkan

Nindya Aryani, Wasidi, Afifatus Sholihah. 2022. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah BK, Vol. 1, No. 5

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Martin, Handoko. 2002. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku.Yogyakarta. Kanesius.

Dewi & Rosmana. 2013. Profesionalisasi Guru BK Melalui PTBK. Medan: Unimed Press

Prayitno dan Erman Amti. 2015. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Syaodih, Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Strickland, Robert. H. 1999. Bowling Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Isnaini, Rodhiya. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Permainan Bowling Dalam Materi Operasi Pengurangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang. UNY.

Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/

Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x

Shyyan, V., Thurlow, M., & Liu, K. (2015). Student perceptions of instructional strategies: Voices of English language learners with disabilities. Minneapolis, MN: National Center on Educational Outcomes, University of Minnesota. Retrieved from the ERIC database.(ED495903)

Williams, J. H. (2019). Employee engagement: Improving participation in safety. Professional Safety, 53(12), 40-45.

Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J.-Y., Coatsworth, D., Lengua, L., Griffin, W. A. (2016). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child programs for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 David Muhammad Fandika, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.