Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik

Dafa Angga Pandu Wardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem Based Learning menggunakan media pembelajaran canva pada mata proteksi sistem tenaga listrik terhadap kreatifitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Uji coba dilakukan pada mahasiswa semester 4 yang sedang mengambil mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik. Hasil dari uji t menggunakan paired t-test menunjukan hasil sig (2-tailed) adalah 0,009 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada uji t tersebut, maka dapat disimpulkan jika model pembelajaran problem based learning menggunakan media pembelajaran canva pada mata mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik berpengaruh terhadap kreatifitas mahasiswa.


Keywords


Problem Based Learning, Canva, Kreatifitas Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Hapsari & Zuherman. (2021). Efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi canva terhadap peningkatan pengetahuan. Jurnal Pengabdian masyarakat nusantara, 734-744.

Wahyu Ariyani & Prasetyo. (2021). Efektifitas model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal basicedu 5, 1149-1160.

Fauziyah I.R.N., Syihabudin, & Sopian A (2020).Model pembelajaran problem based learning sebagai pengembangan media berbasis aplikasi canva untuk peningkatan kreatifitas mahasiswa. Jurnal pembelajaran,. 45-54

Fauziyah et al. (2022). Canva sebagai motivasi belajar untuk menunjang peningkatan kreatifitas mahasiswa. Jurnal Internasional.1-24.

Simangunsong. (2023). Perancangan pembelajaran berbasis web pada aplikasi canva. Jurnal teknologi, 5(2), 120-125.

Nurhayati. (2022). Analisis kemampuan numerasi dan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Jurnal ilmiah, 7(2b), 723-731.

Simangunsong. (2022).Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa. Jurnal pendidikan, 8(2).

Dharma S. (2020). Sistem proteksi sebagai pengaman akibat kerusakan kelistrikan. Journal renewable energy, 1278-1291.

A.S Hardjasudarma. (2023). Media pembelaran sebagai wadah mahasiswa untuk berkreasi dalam melaksanakan pembelajaran. Jurnal Internasional, 37(3).

Pamungkas & Koeswanti. (2022). Strategi pembelajaran sebagai tujuan untuk menambah skill individual mahasiswa. Jurnal profesional education. 4(3)

Firdha & Zulyusri. (2022). Penggunaan aplikasi canva dalam pengembangan media pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan, 101-106.

Dwiqi et al. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik. Jurnal education, 8(2), 33-48.

Nurrita. (2019). Pemanfaatan edukasi motivasi pada mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik, Jurnal pendidikan, 57-68.

Arsyad. (2019). Pengembangan teknologi pada media pembelajaran. Jurnal pendidikan. 12(2)

Yudha & Sundari. (2021). Canva salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi individual mahasiswa. Jurnal of telenursing, 3(2), 538-545.

Wastriami & Mudnillah. (2022). Manfaat media pembelajaran canva untuk meningkatkan minat belajara mahasiswa. Jurnal pendidikan. 1(1) 30-43.

Sunnilah. (2022).Aplikasi canva pada mata kuliah proteksi sitem tenaga listrik Jurnal pendidikan. 19(2)

Saharsa, Qaddafi, & Baharudin. (2019). Model Problem Based Learning dapat memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran. Modul Pendidikan. 2(3)

Evi & Indarini. (2021). Pengembangan media pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis mahasiswa. Journal of Education, 5(1), 12.

R., Inanna, I & Ampa A.T (2020:21). Canva dapat menarik minat mahasiswa untuk meningkatkan keterlibatan dan kreatifitas mahasiswa. Journal of Education, 5(2), 40-54.

Junaedi. (2021). Efektifitas pembelajaran dalam peningkatan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Jurnal Basicedu 5(2), 1039-1045.

Aspi & Syahrani. (2022). Pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran berbasis aplikasi. Jurnal of education.. 2(1), 64-73.

Garis Pelangi. (2020).Pemanfaatan kemajuan teknologi, sebagai alat atau perarntara dalam proses belajar maupun sebagai media pembelajaran yang dapat dipertimbangkan dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif. Jurnal Education, 1(1), 111.

Tri Agustiana et al. (2020). Efektifitas waktu menjadi simbol utama mahasiswa untuk membuat project sesuai kebutuhan pembelajaran. Jurnal pendidikan, 17(1), 07-26.

Ramdani & Artayasa. (2020). Media pembelajaran Canva mengasah skill individual mahasiswa pada mata kuliah proteksi sistem tenaga listrik. Cakrawala Pendidikan, 637-649.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dafa Angga Pandu Wardana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.