Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Menurunkan Perilaku Self-Harm

Cindi Febi Fatmawati, Silvia Yula Wardani, Asroful Kadafi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk menurunkan perilaku self-harm. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Geger. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-exsperimental. Penelitian ini menggunakan desain one grup pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa perempuan kelas VII SMPN 2 Geger. Sampel penelitian ini yaitu 6 siswa dari kelas VII-A dan VII-B. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala psikologi berupa skala self -harm. Sebelum menganalisis data penelitian ini dilakukan uji normalitas sebagai syarat untuk uji hipotesis, dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yaitu uji paired sample t-test menggunakan SPSS 26.0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima atau terdapat perbedaan antara sebelum diberikan perlakuan (treatment) dan sesudah diberikannya perlakuan (treatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan dengan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) efektif untuk menurunkan perilaku self-harm siswa.


Keywords


Self-Harm, Konseling Kelompok, Solution Focused Brief Counseling (SFBC)

Full Text:

PDF

References


Afrila, M. (2019). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Mengatasi Kecemasan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. repository.uin-suska.ac.id/25409/2/Skripsi Gabungan.pdf

Hakim, F., Tambusai, I. S.-J. P., & 2023, U. (2023). Gambaran Perilaku Self Harm pada Mahasiswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jptam.Org. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8707

Hasnida, N. L. L. (2016). KONSELING KELOMPOK (1st ed.). KENCANA.

Indika, C., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2024). Pengentasan Permasalahan Pribadi Peserta Didik Melalui Layanan Pendekatan Solution-Focused Brief Therapy (SFBT). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 239–255.

Kusumawide, K. T., Eka, W. N., Saputra, Alhadi, S., Hardi, Pr, & Asetiawan. (2019). Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk menurunkan perilaku p rokrastinasi akademik Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 89–102.

Mulawarman, P. D. (2023). SFBC (Solution-Focused Brief Counseling) Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur (2nd ed.). Kencana.

Nurendah, G., Maslihah, S., Health, F. Z.-M., Religion, U., & And, U. (2022). An Analysis of Self-Harm Behaviors among Undergraduate Students of Indonesia University of Education. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/99971639/863.pdf

Oktavia, D., Of, R. H.-P. I. U., & 2022, U. (2022). Solution Focused Brief Counseling (Sfbc): Miracle Question Pendekatan Dalam Konseling Keluarga. Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/6772

Rasimin, & Hamdi, M. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DLdTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA49&dq=konseling+kelompok+&ots=mEFkAC330m&sig=EnabaxXDmvA-3zdd5DL3J_s20k8&redir_esc=y#v=onepage&q=konseling kelompok&f=false

Sinring, A. (2023). Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Rekonstruksi Kogntif Untuk Mengurangi Perilaku Self-Harm Peserta Didik Di SMAN 2 Tarakan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 229–234.

Thesalonika, N. C. A. (2021). Perilaku Self-Harm atau Melukai Diri Sendiri yang Dilakukan oleh Remaja (Self-Harm or Self-Injuring Behavior by Adolescents). Journal.Unpad.Ac.Id, 4(2), 213–224. http://journal.unpad.ac.id/focus/article/view/31405

Zakaria, Z. Y. H., & Theresa, R. M. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku nonsuicidal Self-injury (NSSI) pada remaja putri. Journal.Unpad.Ac.IdZYH Zakaria, RM TheresaJournal of Psychological Science and Profession, 2020•journal.Unpad.Ac.Id, 4(2), 85–90. http://journal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/26404


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindi Febi Fatmawati, Silvia Yula Wardani, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.