Pengembangan Media Digital Web Learning Giko Berbasis Aplikasi Google Sites pada Materi IPAS Siswa Sekolah Dasar

Puspita Siwi Murtikaningrum, Fifin Mustika Kusriati Rahayu, Ayu Arinda, Pinkan Nuzul Dui Charisma, Febiola Dwi Miranda, Bela Puji Astuti, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Meskipun teknologi berkembang pesat dan semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui perangkat digital seperti smartphone, dunia pendidikan juga harus beradaptasi. Salah satunya adalah dengan mengembangkan media berbasis aplikasi multiplatform untuk mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kepada siswa Sekolah Dasar, khususnya materi tentang ekosistem. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap : a. Analisis yaitu mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat produk media yang efektif, b. Design, Merancang aplikasi berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan, termasuk struktur, konten, antarmuka pengguna, dan strategi penyampaian materi, c. Pengembangan, mengembangkan produk media sesuai dengan desain yang telah dibuat, d. Implementasi, menguji aplikasi yang telah dikembangkan dalam kelompok kecil dengan melibatkan dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik, e. Evaluasi, melakukan evaluasi menyeluruh untuk menilai efektivitas program pembelajaran. Dalam penelitian ini, tahap pengembangan mencakup analisis kebutuhan dan konteks penggunaan aplikasi, desain struktur dan konten, pengembangan aplikasi, pengujian oleh para ahli, dan evaluasi efektivitas. Hasil dari pengembangan aplikasi GIKO menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran, baik di kelas maupun secara mandiri. Menurut para ahli desain pembelajaran, media, dan materi, aplikasi ini memenuhi kriteria yang diperlukan. Selain itu, tanggapan dari siswa sangat positif, menunjukkan antusiasme, semangat, dan pemahaman yang baik terhadap materi yang diajarkan melalui aplikasi ini.


Keywords


Media digital, Web learning, ADDIE, IPAS

Full Text:

PDF

References


Ningsih, S., & Imam Farisi, M. (2023). Nomor (1), Maret 2023. In Jambura Journal of Educational Management (Issue 4). https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index

Puji Utami, R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 2, Issue 2).

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF (MIE) MATA KULIAH KURIKULUM DAN PENGAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Indah Lestari, F., & Suratman Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Untan Pontianak, D. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MATERI APLIKASI PRESENTASI.

Aulia, D., & Khalid Riefani, M. (2021). BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan OPEN ACCESS JOURNAL Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. 3(3), 173–178. https://doi.org/10.20527/bino.v3i3.10524


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Puspita Siwi Murtikaningrum, Fifin Mustika Kusriati Rahayu, Ayu Arinda, Pinkan Nuzul Dui Charisma, Febiola Dwi Miranda, Bela Puji Astuti, Liya Atika Anggrasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.