Implementasi Culturally Responsive Teaching Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN Beran 4 Ngawi

Awaliyah Fajar, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Endah Widiyowati

Abstract


Pembelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan penamanam konsep dan berpikir logis yang abstrak agar dapat dilihat langsung di kehidupan nyata, oleh karena itu dibutuhkan pendekatan Culturally Responsive Teaching berbasis proyek yang didalamnya terdapat unsur-unsur budaya yang sesuai dengan karakteristik dan keseharian peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas prasiklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa implementasi Culturally Responsive Teaching berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Dearahku dan Kekayaan Alamnya pada peserta didik SDN Beran 4 Ngawi. Peningkatan hasil belajar IPA ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar prasiklus 47,82%. Pada siklus I sebesar 73,91% dan pada siklus II sebesar 91,30%.

Keywords


Culturally Responsive Teaching, Hasil belajar, Pembelajaran proyek, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248–257. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986

Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati. (2023). Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Mandasari, J., Titin, T., & Juniardi, D. (2024). Pengaruh Pendekatan CRT dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. EKSAKTA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 9(1), 81–86.

Muspiroh, N. (2015). Penerapan Project Base Learning (Pbp) Bagi Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Sains Terapan. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 93–98. www.syekhnurjati.ac.id/tbio

Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2374

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas V Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 8(1), 171. https://doi.org/10.24114/js.v8i1.55063

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.

Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, M. S. P., & Nur Fauziyah. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 128–139.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Saodah, Siti. Mulyasari, Effy. Rahmna, G. A. (2023). Upaya meningkatkan pemahaman peserta didik kelas iv materi gaya dengan rancangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(Volume 09 Nomor 01, Maret 2023), 560–571.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Awaliyah Fajar, Darmadi Darmadi, Lis Yanthi Nurhayati, Endah Widiyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.