Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa

Yusmita Indrastuti, Edy Suprapto, Titin Masfingatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan E-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) guna meningkatkan literasi numerasi siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa pada kelas X SMKN 2 Madiun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, serta melalui angket respon siswa terhadap E-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis RME secara signifikan meningkatkan literasi numerasi siswa. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan E-LKPD dalam proses pembelajaran. E-LKPD berbasis RME yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase diperoleh dari ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 100%, kemudian hasil keefektifan dengan rata-rata persentase sebesar 77,21%, kepraktisan dengan rata-rata persentase sebesar 85%. Dengan demikian, E-LKPD berbasis RME dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.


Keywords


E-LKPD, Realistic Mathematics Education (RME), Literasi numerasi, Siswa kelas X

Full Text:

PDF

References


Anwar, Hairil, Rusyidi Ananda, dan Muhammad Rifa’i. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiliterasi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Sahabat Al-Quran Binjai.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(2):862–70. doi: 10.51169/ideguru.v9i2.962.

Ariyani, Indri Dwi. 2019. “Peran Tenaga Pendidik Dalam Memberikan Pembelajaran Yang Bermakna Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika.” 2.

Budiyono, Apri Eka. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era Digital.” NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 4(3):755–65. doi: 10.55681/nusra.v4i3.1448.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model:” Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–42. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Damanik, Adelia Septia, dan Rika Handayani. 2023. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa.” OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika 2(3):149–57. doi: 10.47662/jkpm.v2i3.596.

Damayanti, Fitra Ayu, Sunismi Sunismi, dan Ahmad Sufyan Zauri. 2024. “PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF DENGAN LIVE WORKSHEETS BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII.” Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran 19(3).

Fadillah, Ahmad, Dian Nopitasari, Westi Bilda, Resti Yanti, Dwi Rizky Sulistyo, dan Ismi Dwi Nur Aini. 2023. “Pelatihan Literasi Digital Pekerja Migran Indonesia (PMI) Di Hong Kong | Jurnal Anugerah.”

Friska, Sonia Yulia, Salsa Aulia, dan Dodi Widia Nanda. 2022. “Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 10(2):313–24. doi: 10.25273/jems.v10i2.13013.

Hasanah, Nur. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (RME).” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):953–59. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1294.

Hidayah, Delis Fitriya Nur, Destriya Risdayatie, Fadillah Anissa Febrianti, Yunissa Sapphira Titalia, dan Prihantini Prihantini. 2023. “Pengempelementasian Sarana Prasarana Di Sekolah Sebagai Penunjang Keefektifan Dalam Pembelajaran Bagi Dunia Pendidikan Modern.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 4(2):792–811.

Kaka, Angel, Dekriati Ate, dan Samuel Rex M. Making. 2021. “Kaka Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP N.1 Kota Tambolaka.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba 3(2):88–96.

Majdi, Muhammad. 2019. “Analisis Teori Ausubel Pada Penerapan Model Realistic Mathematics Education Dalam Pembelajaran Matematika.” Al-Mudarris: Journal Of Education 2(1):104–20. doi: 10.32478/al-mudarris.v2i1.213.

Maulyda, Melda, dan Achmad Mudrikah. 2023. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa.” Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika 13(1):56–67.

Mutiarahman, Wullan, Sofia Edriati, dan Mulia Suryani. 2023. “Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1). doi: 10.31980/plusminus.v3i1.2657.

Nastiti, Meiliya Dwi, dan Aris Naeni Dwiyanti. 2022. “Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas.” Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV 4(1).

Nugraha, Oggie Bima, Aldri Frinaldi, dan Syamsir Syamsir. 2023. “Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(2):390–404. doi: 10.31004/innovative.v3i2.283.

Nurjanah, Maya, Diah Tara Dewi, Kukuh Maulana Al Fathan, dan Intan Dewi Mawardini. 2022. “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Sd/Mi.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 7(2):87–98. doi: 10.31602/muallimuna.v7i2.6499.

Patandung, Yosef, dan Selvi Panggua. 2022. “Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional | Jurnal Sinestesia.” Diambil 25 April 2024 (https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/277).

Pikapratiwi, Pande Kadek Nopa, I. Gusti Agung Ayu Wulandari, dan I. Wayan Wiarta. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(2):406–10. doi: 10.31004/jpdk.v4i2.3934.

Pratiwi, Anita Dian, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, dan Susilo Raharjo. 2023. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang.” JANACITTA 6(1):38–47. doi: 10.35473/jnct.v6i1.2263.

Purnomo, Suryo. 2024. “Meningkatkan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Islam Dengan Berbantuan Geogebra.” Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 9(1):71–81. doi: 10.56013/axi.v9i1.2541.

Safitri, Oktavia Ning. 2022. “Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.Me Pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II.”

Salvia, Nayla Ziva, Fadya Putri Sabrina, dan Ismilah Maula. 2022. “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA.” ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) 3(1):351–60.

Septian, Ruly, Sony Irianto, dan Ana Andriani. 2019. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(1):59–67. doi: 10.31949/educatio.v5i1.56.

Sumargiyani, Sumargiyani, dan Shafwa Tsani. 2024. “Validitas Dan Praktikalitas Lembar Kerja Elektronik Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp.” LINEAR: Journal of Mathematics Education 5(1):70–81. doi: 10.32332/linear.v5i1.9298.

Widiastuti, Ari, dan Adelia Febby Indriana. 2019. “Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang.” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3):403–16. doi: 10.30738/union.v7i3.5895.

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, dan Amat Nyoto. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” 1.

Yusha, Camilla Masyita, dan Listika Yusi Risnani. 2023. “Pengembangan Modul Digital Berbasis Google Sites Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI: (Developing Digital Module Based Google Sites for Material Immune System for 11th Grade of Senior High School).” BIODIK 9(3):23–36. doi: 10.22437/biodik.v9i3.27678.

Zakariah, M. Askari, Vivi Afriani, dan KH M. Zakariah. 2020. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yusmita Indrastuti, Edy Suprapto, Titin Masfingatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.