Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kreasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa SD

Novan Dwi Fanani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar kognitif IPAS pada siswa SD khususnya di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran role playing dengan berbantuan media wayang kreasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B dengan jumlah 28 siswa. Penentuan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian serta pembahasan menunjukkan bahwa hasil pre test siswa di kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 53,42 , sedangkan hasil post tes siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran role playing dengan berbantuan media wayang kreasi diperoleh nilai rata-rata 87,57. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai t tabel yaitu 2,055. Hasil tersebut juga dapat diperoleh dengan melihat dari uji shapiro wilk di kelas kontrol dengan sig sebesar 0,038 sedangkan di kelas eksperimen diperoleh sig sebesar 0,247. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal serta Ho ditolak H1 diterima, membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model role playing  berbantuan media wayang kreasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif IPAS pada siswa SD.


Keywords


Model Role Playing, Media Wayang Kreasi, Hasil Belajar Kognitif IPAS

Full Text:

PDF

References


Chikita, D. (2023). Penerapan Perencanaan Model Pembelajaran Teacher Center Di Mts Negeri 2 Rejang Lebong. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11954–11965.

Eti Robiatul Adawiah, & Siti Qomariyah. (2023). Peran Role Playing Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Di SMPN 1 Sagaranten. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 144–162. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2114

Firmansyah, T., & Akbar, T. (2022). Ikonologi Wayang Kreasi Sebagai Pengembangan Seni Rupa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.7862

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2020). Media pembelajaran. Media Pembelajaran, 8.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 133–144. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449

Maruti, E. S., & Opsari, R. U. Y. (2021). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Wayang Kreasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD. Prosiding SENSASEDA, 1, 49–54.

Nurhuda, A. A., Laily Alindra, A., Rahmawati, A., Fazrin, D. N., Rahmawati, H., Nabilah, K., Faqih, A., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kartun pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 310–319.

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rizky Fadhilah, Any Sutiadiningsih, Niken Purwidiani, & Dwi Kristiastuti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Produk Kue Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tata Boga, 11(2), 110–118.

Suherman, B. (2016). Makalah Pendamping Peran Pendidik Dan Ilmuan Dalam Menghadapi MEA ISSN : 2527-6670 Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Visual Dan Media Realita Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan berfikir Abstrak Siswa. 108–113.

Wirachman, R., & Ike Kurniawati. (2023). Studi Deskriptif Model Pembelajaran Role Playing Berlandaskan Teori Social Learning Berbasis Pedagogik Kreatif. Inventa, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a6996


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novan Dwi Fanani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.