Peran Guru Pendamping Kelas Inklusi dalam Pembelajaran di Cendekia Kids School

Lisanatul Layyinah, Hermawati Dwi Susari, Alisa Alfina

Abstract


Guru pendamping kelas inklusi dalam pembelajaran memiliki peran penting dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini. Peran dan tanggung jawab guru pendamping kelas hampir sama dengan guru inti dalam proses belajar mengajar di sekolah yaitu sebagai teladan bagi peserta didik, membantu guru inti dalam menyusun rencana pembelajaran, membantu mengelola kelas, membantu setiap perkembangan anak, serta membantu guru inti dalam mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di KB Cendekia Kids School Kota Madiun dengan fokus penelitian bagaimana peran guru pendamping kelas inklusi dalam pembelajaran dan tujuan penelitian untuk mengetahui lebih mendalam peran guru pendamping kelas inklusi dalam pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data dengan merangkum/meringkas data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penyajian data dalam bentuk teks naratif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendamping kelas inklusi dalam pembelajaran ikut terlibat di semua proses pembelajaran seperti membuat rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan guru pendamping juga terlibat dalam evaluasi pembelajaran. Peran guru pendamping dalam proses pembelajaran sangat membantu efektifitas pembelajaran di kelas. Adanya guru pendamping dapat membantu menciptakan suasana kelas yang kondusif serta dapat membantu anak-anak belajar secara maksimal.

Keywords


Guru Pendamping, Kelas Inklusi, Lembaga PAUD

Full Text:

PDF

References


Barlian, Ur. C., Wurlandari, R. P., Said, M., & Brilianti, N. L. (2023). Perran Gurrur Kerlas Dan Gurrur Perndamping Khursurs Dalam Merningkatkan Layanan Perndidikan Inklursi Di TK Ibnur Sina. AL-AFKAR:Jourrnal for Islamic Sturdiers, 6(2), 625–634. https://doi.org/10.31943/afkarjourrnal.v6i2.648

Krersnawaty, A., & Herliawati, R. (2019). Manajermern Permberlajaran Inklursi Pada Anak Ursia Dini. Erdurchild: Jurrnal Ilmiah Perndidikan, 3(1), 15–23.

Nasrurdin, N., & Hodijah, S. (2018). Erferktifitas Perran Gurrur Perndamping dalam Mermbantur Prosers Permberlajaran. HAYANI, Islamic Erdurcation …, 1–9. Rertrierverd from https://jurrnal.staipurimajalerngka.ac.id/inderx.php/hy/articler/vierw/37

Rasmani, Ur. Er. Er., Rahmawati, A., Palurpi, W., Jurmiatmoko, J., Zurhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajermern Soft skills Gurrur dalam Mernguratkan Murtur Permberlajaran di PAUrD. Jurrnal Obsersi : Jurrnal Perndidikan Anak Ursia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsersi.v6i2.1584

Sanjaya Wina. (2017). Perrerncanaan dan Dersain Sisterm Permberlajaran. Jakarta: Prernadamerdia Grourp.

Yurnaini, N. (2021). Moderl Permberlajaran Anak Berrkerburturhan Khursurs Dalam Sertting Perndidikan Inklursi. Jourrnal Of Erlermerntary School Erdurcation (JOurErSEr), 1(1), 18–25. https://doi.org/10.52657/jourerser.v1i1.1326


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lisanatul Layyinah, Hermawati Dwi Susari, Alisa Alfina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.