Efisiensi Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Atas

Yanti Novita Sari, Wildan Tamir Amanulloh, Ani Imelia Maulida, Ayu Riana, Jesika Stevani, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Semakin berkembangnya zaman teknologi membawa dampak sangat besar terutama dalam dunia pendidikan. Pada perkembangan ini pendidik khususnya guru diharuskan lebih kreatif dalam pengggunaan media pembelajaran. Hal ini penting karena di era milineal dan generasi Z peserta didik cenderung senang bermain gadget untuk itu adanya media pembelajaran yang kreatif dari guru tentu peserta didik bisa belajar sambil mengasah kreatifitasnya. Media pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah yaitu Canva. Penlitian yang di gunakan dengan tahapan metode berupa studi kepustakaan (literatur review). Menggunakan strategi dalam Teknik pengumpulan data berupa penelaahan yang diperoleh dari pencarian jurnal tingkat nasional pada laman google scholar yang publik dengan durasi waktu 10 tahun terakhir. Indikator yang ditetapkan dalam pencarian jurnal meliputi kepustakaan yang terdiri dari matriks sintetis sesuai sumber rujukan, jenis sampel, metode, intervensi, dan hasil temuan. Penelitian ini memperoleh hasil sebanyak 10 Jurnal mnengenai media pembelajaran Canva di SMA IPS, dengan hasil yaitu media pembelajaran berbasis Canva telah terbukti efektif dalam menunjang proses pembelajaran. Canva memiliki berbagai fitur menarik yang berupa gambar dan vidio yang dapat dianimasikan sesuai keinginan siswa, selain itu juga memudahkan tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran yang interaktif. Adanya hal ini dapat memotivasi siswa untuk giat lagi dalam belajar sehingga prestasi mereka pun ikut meningkat.

Keywords


Canva, Interaktif, IPS, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anugrah, N. I., & Deden, D. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips 6. Kompetensi, 15(1), 49–58. Doi:10.36277/Kompetensi.V15i1.62

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), 308–318. Retrieved From Https://Pkm.Uika-Bogor.Ac.Id/Index.Php/Aciedss/Article/View/512

Azizah, I., & Susanti, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 458–464. Doi:10.31949/Educatio.V9i2.4798

Dewi, K. D. Ar., Citra, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2024). Tingkatkan Aktivitas Belajar Geografi: Implementasi Model Project-Based Learning Dengan Media Aplikasi Canva Di Kelas X Sma N 1 Seririt. Journal On Education, 06(04), 18338–18346.

Faujian, A. (2019, October 3). ‘Mengenal Society 5.0’ | Sma Negeri 1 Manggar. Retrieved 16 June 2024, From Https://Sman1manggar.Sch.Id/Read/113/Ares-Faujian-Spd-Mengenal-Society-50

Hairuddin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Dengan Pembelajaran Multimedia Canva Menggunakan Foto Dan Video Materi Menganalisis Sifat Pendudukan Jepang Dan Respon Bangsa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Pulau Petak Tahun 2022. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 84–94. Doi:10.57216/Pah.V19i2.661

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 28–31. Retrieved From Https://Ejurnal.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Index.Php/Prosiding_Kopen/Article/View/1073

Maulidia, Y., & Hudaidah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Palembang. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 59–65. Doi:10.57008/Jjp.V3i01.396

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Retrieved From Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslpm/Article/View/26259

Nirmalasari, S., & Fajri Lutfi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sman 1 Cigugur. Ict Learning, 7(2), 20. Retrieved From Https://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Ictlearning/Article/View/3614

Sari, E., Riswanto, Rosa, F. O., & Maryuning. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Melalui Media Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ipa 1 Sman 1 Bandar Sribhawono. Swarnadwipa, 7(1), 26–36.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1). Retrieved From Https://Rumahjurnal.Net/Sagacious/Article/View/1139

Sulaiman, Catherine, N., & Hartono. (2023). Hartono (2023) Pengembangan Komik Digital Menggunakan Canva Pada Materi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (Apbn) Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Ketapang. Jurnal Ilmiah Indonesia, (8), 4. Doi:10.36418/Syntax-Literate

Uba, I. L., Pamungkas, B. T. T., & Sukmawati, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Digital Dengan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di Sman 5 Kupang. Jurnal Geografi, 18(2), 153–170. Doi:10.35508/Jgeo.V18i2.9412


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yanti Novita Sari, Wildan Tamir Amanulloh, Ani Imelia Maulida, Ayu Riana, Jesika Stevani, Liana Vivin Wihartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.