Pengaruh Kegiatan Makan Bersama Terhadap Kemampuan Bantu Diri Anak Usia 4-5 Tahun di Cendekia Kids School Madiun

Rukma Setianingrum, Sofia Nur Afifah, Hermawati Dwi Susari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perkembangan kemampuan bantu diri anak pada kegiatan makan bersama di Cendekia Kids School Madiun. Kegiatan makan bersama adalah salah satu kegiatan pembelajaran AUD memberikan kesempatan kepada anak agar beristirahat dan melepaskan rasa haus dan lapar. Serta kegiatan makan bersama sebagai media mengembangan aspek psikis dan pengembangan aspek sosial emosional. Kegiatan layanan makan pendidikan anak usia dini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pokok anak sehingga mampu belajar dengan baik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Observasi dilakukan pada anak kelompok A di Cendekia Kids School Madiun. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilakukan langsung ketika kegiatan makan bersama, wawancara kepada guru, dan studi dokumen yang dari penilaian guru kelas A Cendekia Kids School Madiun. Indikator yang terdapat pada kegiatan makan bersama yaitu indikator Self- feeding : use of utensils, sub indikator adalah menggunakan sendok dengan baik sedikit tumpah,  memasukan ujung sendok ke mulut,  memasukkan sendok dalam mulut tanpa diputar, mengisi dengan menekan ujung sendok kedalam makanan, memegang sendok dengan jari, mengisi sendok dengan menekan dan memutar, memegang sendok dengan jari untuk makan, menggarpu menggunakan jari, Indikator Serving and preparing food sub indikator yaitu membuka snack, melayani diri sendiri, menuang minuman dari teko atau botol, menggunakan serbet, mengatur meja tanpa bantuan.Hasil penelitian kemampuan bantu diri dalam kegiatan makan bersama rata – rata 31 dan 38 kategori mampu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak  melalui kegiatan PMT yang distimulasi selama 2 minggu sekali dilakukan kegiatan makan bersama agar kemampuan bantu diri anak dapat tercapai dengan stimulasi secara berulang – ulang.

Keywords


Anak Usia Dini, Kegiatan Makan Bersama, Kemampuan Bantu Diri

Full Text:

PDF

References


Yus, Anita., & Sar, W.W. (2020). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Budiarti, E., Rohmah, S. ., Kasiati, K., Pertiwi, H. ., & Umilia, U. (2023). Meningkatkan Pemahaman Pentingnya Makan Makanan Bergizi Seimbang melalui Kegiatan Makan Bersama di RA Al Fata Rokan Hulu. Healthy : Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(4), 218-229.

Naimah, K. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Makan Bersama di Sekolah. Skripsi. Madiun: Sekolah Tinggi Agama islam Nahdlatul Ulama.

Utami, D. A., & Yunitami, R. (2014). Pengembangan Keterampilan Membantu Diri Sendiri pada Anak Panti Asuhan Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI. (9)2, 118-124.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Andriani, L., Sutiman, & Wulandari, W. (2012). Pengembangan Kemandirian Anak TK Kelompok A Melalui Kegiatan Makan Bersama di TK PKK 76 Guwosari Bantul. Jurnal Pendidikan Anak. 1(2), 172-187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rukma Setianingrum, Sofia Nur Afifah, Hermawati Dwi Susari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.