Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Materi Bangun Ruang Balok dan Kubus Berbantuan Media Konkret pada Siswa Kelas IV SDN 03 Josenan

Putri Kartika Sari, Hendra Erik Rudyanto, Siti Subandiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang balok dan kubus pada siswa kelas IV SDN 03 Josenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Josenan yang berjumlah 11 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siklus 1 adalah 70 dengan presentase ketuntasan 54,55%. Siklus 2 menunjukkan nilai rata-rata 84,55 dengan presentase ketuntasan 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa kelas IV SDN 03 Josenan.­


Keywords


Media Konkret, Matematika, Bangun Ruang

References


Bukori. (2020). Penggunaan Media Nyata (Konkret) untuk Meningkatkan Pembelajaran pada Peserta Didik. SHEs: Conference Series 3, (3)3, 1748-1752.

Hastawan, Innestasia., Suryandari, K. C., & Ngatman. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 987-996.

Nabilah, M., Stepanus, S. S., & Hamdani. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Implus. JIPPF, 1(1), 1-7.

Norhanipah. (2021). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mandingin. Sagacious: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 7(2), 1-8.

Saputri, A. S., Suhartono., & Ngatman. (2023). Peningkatan Hasil Belajatr Matematika Menggunakan Pendekatan PME pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 816-823.

Setyowati, L. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret pada Siswa di MIN 1 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 8(2), 235-239.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Kartika Sari, Hendra Erik Rudyanto, Siti Subandiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.