Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kalimat Majemuk Bertingkat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Klegen

Apridian Tyas Prasetyo, Hendra Erik Rudyanto, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Kalimat Majemuk Bertingkat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Klegen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 16 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, sementara analisis dilakukan berdasarkan hasil siklus selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL pada materi kalimat majemuk bertingkat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Pada siklus 2 nilai N-Gain hasil belajar meningkat menjadi 0,8 dengan katagori tinggi. Persentase ketuntasan peserta didik pada siklus 1 naik dari 25% menjadi 69% dan siklus 2 naik dari 19% menjadi 94%, mengakibatkan peningkatan hasil belajar sebesar 75% pada materi kalimat majemuk bertingkat di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kalimat majemuk bertingkat, terbukti dengan adanya peningkatan persentase peserta didik yang mencapai KKM meningkat dari siklus I ke siklus II.

Keywords


Problem Based Learning; Kalimat Majemuk Bertingkat; Hasil Belajar; Siswa

References


Akhmadi, A. N. (2011). Peningkatan kemampuan menghitung campuran dengan menggunakan pendekatan problem based learning pada siswa Kelas Iv Sdn Cebongan 01 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012.

Anadiroh, M. (2019). Studi meta-analisis model pembelajaran problem based learning (PBL) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Anadiroh, M. (2019). Studi meta-analisis model pembelajaran problem based learning (PBL) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 121800.

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Fakhiroh, N. L. (2022). Analisis Kalimat Majemuk Setara Dan Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Koran Zahira Edisi Agustus-Desember 2021 (Kajian Sintaksis) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi).

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan sektor pendidikan sebagai penunjang indeks pembangunan manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1).

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Oktaviana, D., Shalsabila, S. R., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kegiatan Peerteaching Mahasiswa Calon Guru. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 88-97.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Setianingsih, R. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Wajdi, F. (2017). Implementasi project based learning (PBL) dan penilaian autentik dalam pembelajaran drama indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 86-101.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Apridian Tyas Prasetyo, Hendra Erik Rudyanto, Sumarsih Sumarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.