Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Google Site Untuk Kelas 5: Tema 3 Subtema 1 Materi Sistem Pencernaan Pada Hewan

Deswina Fitria Kurniawati, Pandu Galeh Permana, Prestyan yuli Styawan, Annisa Safa N, Anisa Lailatul Fadlilah, Riska Awalulhikmah, Liya Atika Anggrasari

Abstract


Salah satu keunggulan pengembangan media pembelajaran tematik berbasis Google Site adalah kemudahan dalam mengakses dan menyajikan informasi. Dengan Google Site, guru dapat dengan mudah menyusun dan mengelompokkan berbagai materi pembelajaran berbentuk gambar , teks, video, dan audio sesuai dengan tema pembelajaran yang akan disampaikan.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif adalah cara penelitian yang didasarkan pada filosofi positivisme atau interpretif. Metode ini digunakan untuk mempelajari keadaan objek dalam kondisi alaminya, di mana peneliti sebagai instrumen utama. Untuk memastikan keakuratannya dilakukan dengan berbagai teknik pengumpulan data. Dalam peneletian ini menggunakan teknik triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi), Penggunaan media pembelajaran berbasis Google Site telah membawa inovasi yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam memperjelas konsep-konsep sulit seperti sistem pencernaan pada hewan. Dengan adanya aksesibilitas, interaktivitas, dukungan visual, pembelajaran berbasis proyek, dan kemungkinan monitoring dan evaluasi yang diberikan oleh Google Site, diharapkan siswa dapat memahami materi dengan lebih baik. Meskipun terdapat tantangan seperti ketersediaan sarana dan prasarana, kerjasama antara guru, orang tua, siswa, dan pihak sekolah dapat mengatasi hal tersebut. Dengan terus mengembangkan kemampuan dalam memanfaatkan media pembelajaran inovatif seperti Google Site, diharapkan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi akan meningkat secara signifikan


Keywords


Media Pembelajaran; Google Site; Sistem Pencernaan Pada Hewan

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif.

Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Sites. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9.

Azizah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4674

Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Hal 51-62 Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa The Development of Google Sites as an Instructional Media to Enhance Students’ Learning Achievement (Vol. 27).

Jurnal Publikasi, A., Rasapta, D., Qumaruw Syty, S., & Jabar, A. (2022). PENGENALAN PEMANFAATAN GOOGLE SITES UNTUK PEMBUATAN WEB DI MI HIDAYATULL ATHFAL GUNUNG SINDUR. 1(2). https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa (Vol. 4). http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.

Nurlatifah, & Suprihatiningrum, J. (2023). Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI Nurlatifah, Jamil Suprihatiningrum*. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 67–83. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.27391

Nuryati, Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi. (2021). PEMBELAJARAN STATISTIK MATEMATIKA BERBANTUAN WEBSITE GOOGLE SITES (QUIZIZZ) DI SEKOLAH DASAR. JURNAL BASICEDU.

Purwanti, E. S. (n.d.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Sumber dan Media Belajar dengan Diskusi Model Think Pair and Share di SD Negeri 3 Glagahwangi Polanharjo Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rosiyana, R. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JARAK JAUH SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASY-SYUHADA KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sari, T. I. (2023). PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GOOGLE SITES DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Khazanah Pendidikan, 17(1), 106. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15855

Suharsono, A. (2021). Pemanfaatan Learning Management System Menggunakan Google Site pada Pelatihan Jarak Jauh Fungsional Penyuluh Pajak. Jurnal Kiprah, 9(2), 74–81. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3210

Sulasmianti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Web Memanfaatkan Google Sites. JURNAL WAWASAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 9(2), 1–66.

Wulandari, T., Nelike, G. D. P., Kurniawan, Y., Ariyani, D., & Arif, M. S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS 3 SD. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Deswina Fitria Kurniawati, Pandu Galeh Permana, Prestyan yuli Styawan, Annisa Safa N, Anisa Lailatul Fadlilah, Riska Awalulhikmah, Liya Atika Anggrasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.