Penggunaan Media Permainan Ular Tangga dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 02 Madiun

Elza Kusumaningrum, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Abstract


Dalam memberikan konseling kelompok kepada peserta didik, dapat menggunakan media yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar. Ada banyak jenis media permainan yang dapat digunakan dalam layanan ini, namun permainan Ular Tangga masih populer di kalangan anak-anak dan remaja. Permainan Ular Tangga melibatkan media permainan yang mencakup gambar dan animasi lainnya. Pesan melalui gambar dapat menarik perhatian dan menggugah minat. Penggunaan permainan Ular Tangga sebagai media dalam bimbingan dan konseling diharapkan dapat membantu siswa menunjukkan rasa percaya diri mereka. Dalam penelitian ini, permainan ular tangga dimodifikasi dengan kotak-kotak yang diisi dengan pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik, bertujuan untuk memotivasi mereka dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, di mana data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar, bukan angka. Metode ini dipilah dengan bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada, baik yang bersifat alami maupun yang dihasilkan oleh manusia yang dalam penelitian ini adalah Siswa SMPN 02 Madiun. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tindakan bimbingan konseling dengan menggunakan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi dalam layanan bimbingan kelompok, terbukti efektif sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.


Keywords


Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar, Permainan Ular Tangga.

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosisal, Pendidikan, dan Humanio. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadi, S. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddun, 8(1).

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satriah, L. (2016). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mimbar Pustaka.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elza Kusumaningrum, Ibnu Mahmudi, Ratna Yuliana Maria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.