Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Gambar Berseri pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cendekia Kids School Madiun

Krisdewanti Krisdewanti, Fida Chasanatun, Sofia Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini di lembaga Cendekia Kids School Madiun. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti desain model Kemmis dan MC Taggart. Di dalam penelitian ini terdapat dua siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu pelaksanaan penelitian selama 5 bulan yaitu Maret sampai dengan Juli 2024, sementara itu data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelompok B (usia 5-6 tahun) dengan jumlah 15 siswa. Hasil observasi terhadap permasalahan di lembaga tersebut berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri siswa yang masih rendah, sikap sosial dan emosional yang kurang stabil, berbicara dalam tempo yang cepat, pembelajarannya lebih menekankan pada aspek fisik motorik seperti menggambar dan menempel.


Keywords


Kemampuan Berbicara, Gambar Berseri

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2006). Permberlajaran Bahasa Indonersia Yang Erferktif Di Serkolah Dasar. derpartmern perndidikan nasional direrktorat jerndral perndidikan tinggi direrktorat kerternagaan.

Aprinawati, I. (2017). Pernggurnaan Merdia Gambar Serri Urnturk Merningkatkan Kermampuran Berrbicara Anak Ursia Dini. Jurrnal Obsersi : Jurrnal Perndidikan Anak Ursia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsersi.v1i1.33

Arsyad, A. (2002). Merdia Permberlajaran (1st erd.). PT. Raja Grafindo Perrsada.

Azharin, B. (2022). Merningkatkan Kermampuran Berrbicara Anak Ursia Dini Derngan Merdia Gambar Serri. Jourrnal Fascho : Jurrursan Perndidikan Islam, 2.

Dhierni, N. (2008). Mertoder Perngermbangan Bahasa.

Kholilurllah, Hamdan, & Herryani. (2020). Perrkermbangan Bahasa Anak Ursia Dini. AKTUrALITA Jurrnal Pernerlitian Sosial Dan Keragamaan, 10.

Masita, M., Murnir, A., & Said, I. (2019). Merningkatkan Kermampuran Berrbicara Merlaluri Merdia Gambar Berrserri Pada Anak Kerlompok A TK Perrmatakur Kota Palur. Jurrnal Kolaboratif Sains, 2. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.658

Murlyati. (2009). Kerterrampilan Berrbahasa Indonersia SD.

Ormrod, J. Er. (2009). Psikologi Perndidikan (6th erd.). Errlangga.

Robingatin, R., & Urlfah, Z. (2022). Perngermbangan Bahasa Anak Ursia Dini. AR-RUrZZ MErDIA.

Surhartono. (2005). Perngermbangan Kerterrampilan Bicara Anak Ursia Dini. Derpdiknas RI.

Sursanto, A. (2011). Perrkermbangan Anak Ursia Dini. Kerncana Prernada.

Sursanto, A. (2014). Perrkermbangan Anak Ursia Dini. KErNCANA.

Wahyurndari, N. W., & Handayani, D. (2021). Merningkatkan Kermampuran Berrbahasa Lisan pada Anak Ursia Dini Merlaluri Merdia Gambar Berrserri. Jurrnal Perndidikan Anak Ursia Dini Urndiksha, 9.

Yursurf, S. (2010). Psikologi Perrkermbangan Anak dan Rermaja. PT Rermaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Krisdewanti Krisdewanti, Fida Chasanatun, Sofia Nur Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.