Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Nilai Tempat (Panimpat) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 2 SDN Pangongangan

Ganis Kurnia Fitri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, pada peserta didik kelas 2, mata pelajaran matematika, materi nilai tempat. Menggunakan penerapan model problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus memuat dua pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pertemuan kedua dilakukan untuk evaluasi. Pengolahan data dalam penelitian ini, observasi, wawancara dan tes. Teknik dalam penelitian ini deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil menunjukkan penggunakan model PBL berbantuan media PANIMPAT, menunjukkan 15 (68%) peserta didik tuntas memenuhi KKM. Namun 7 (32%) kurang dari KKM. Peneliti memberikan tindak lanjut, pada pelaksanaan siklus II. Jumlah peserta didik mencapai hasil KKM sebanyak 21 (95%) dan 1(5%) tidak memenuhi KKM.

Keywords


Problem based learning, Media PANIMPAT, Kognitif, PTK

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono.(2012).Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM.Pustaka pelajar.

M. Sobri Sutikno. (2013).Belajar dan Pembelajaran.Balai pustak Dekdikbud,

Muhammad Yusuf.(2018).Pengantar Ilmu Pendidikan.Palopo.

Nugraha, Abdi Rizka, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. (2018). Penerapan Model pembelajaran projec Based untuk meningkatkan hasil belajar.

Rauziani, yuzrizal, dan cut nurmaliah. (2016). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis. Washington, DC: Author.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ganis Kurnia Fitri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.