Peningkatan Chromebook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sogaten

Selvia Sekar Indah Febyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak penggunaan media chromebook terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN Sogaten. Chromebook tergolong perangkat pembelajaran multimedia karena dapat berguna untuk pembelajaran visual dan kinestetik. Google Chrome adalah sistem operasi yang dirancang untuk Chromebook, seperti komputer yang dapat diupgrade. Oleh karena itu, Chromebook merupakan evolusi dari komputer dan laptop khususnya di bidang multimedia pembelajaran. Peneliti menggunakan single group pretest-posttest design dalam metode penelitian praeksperimental untuk mempelajari hubungan sebab akibat antara kelompok eksperimen dan kontrol untuk membandingkan hasil dengan 30 siswa dalam satu kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada korelasi positif dari hasil pretest dan posttest. Hasil pre-test menunjukkan bahwa pemahaman bahasa Indonesia siswa tergolong rendah. Namun setelah menggunakan Chromebook untuk pembelajaran, hasil post-test menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan Chromebook memberikan dampak positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V.

Keywords


Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Chromebook

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. P., Suyoto, S., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Chromebook Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 938–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4825

Fatikhah, M. H., & Samsiyah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Chromebook. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1402–1411.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2028

Setiawan, T., Nur Hasanah, F., & Nasrudin, F. W. (2021). Penggunaan Chromebook Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Boyolali. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3921

Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), 113–120. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1578


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Selvia Sekar Indah Febyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.