Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PKN Kelas X dan XI di MA Negeri 1 Ngawi

Nursofiah Anggraeni, Nurhadji Nugraha, Maya Kartikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguraikan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PKN kelas X dan XI di MA Negeri 1 Ngawi. Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Metode penelitian Menggunakan pendekataan kualitatif Deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan untuk validitas data menggunakan triagulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PKN kelas X dan XI sudah berjalan dengan sangat baik. Pada rancangan pembelajaran PKN dalam Implementasi kurikulum merdeka ditungkan dalam bentuk modul ajar. Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PKN yang dilakasanakan pada pedoman modul ajar. Untuk penggunaan metode pembelajaran, guru akan memakai projec based learning, diskusi, penugasasan dan cermah. Evaluasi atau penilaian pada pembelajaran PKN menggunakan asessmen formatif dan submatif. Dampak yang diberikan kepada siswa dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PKN siswa lebih merasa senang karna adanya sistem merdeka belajar.

Keywords


Imlementasi, Kurikulum Merdeka PKN

Full Text:

PDF

References


Arsyad, M. (2023). Model-model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. 5, 230–249.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. 1(2).

Firani Putri, S. Z. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180.

Fitriani Desnita, D. A. D. (2021). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pengimplementasian pendidikan karakter. 5(2), 489–499.

L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. 9(2), 920–935.

Ledia, shinta, B. M. R. B. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 6(1), 790–806.

Lestari Diah, M., & Asbari, E. E. Y. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88.

Magdalena Ina, Hadana NUr Fauzi, R. P. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Phafiandita Adisna Nadia, Ayu Permadani, Alsa sukma Pradani, M. I. W. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. 3(2), 111–121.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. In Jurnal Ilmiah Pedagogy (Vol. 21, Issue 1, p. 78).

Putri, Frysca Amanda, Dini Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5, 7362–7368.

Rahmawati Fia Dwi, Sutiyah, Nu. F. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum Merdeka Kelas X DI SMA Penggerak Surakarta. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 22(1), 80–94. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555

Rusnaini, Raharjo, Anis Suryaningsih, W. N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.

Safira Ain Nur, A. R., & Wardana., M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Batang. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Santoso Minto, Arik Cahyani, M. I. B. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMP Kertanegara Malang. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 8(1), 87–95.

Sufyadi Susanti, Tracey Yani Harjatanaya, Pia AdiprimaM. Rizky Satria, Ardanti Andiarti, indriyati H. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila (M. F. J. G. ayyoini Hartanto (ed.); Tri Hartin). Pusat asesemen dan pembelajaran Badan penelitian dan pengembangan dan Perbukuan Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suryadi Fajri, N. U., & Susantri., M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Usanto, S. (2022). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Dosen Dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.263

Yuniarto, B. M., Lama’atushabakh, & Maryanto, A. H. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(11), 1170–1178


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nursofiah Anggraeni, Nurhadji Nugraha, Maya Kartikasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.