Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul

Nanda Amelia Aghista

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode discovery learning dengan berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 01 Nambangan Kidul. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 28 siswa. Penentuan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi Hasil penelitian serta pembahasan menunjukkan bahwa hasil post test siswa di kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 57,71, sedangkan hasil post tes siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan metode discovery learning berbantuan media powtoon diperoleh nilai rata-rata 86,57. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa data nilai post test siswa berdistribusi normal, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil Shapiro-Wilk  > 0,05. Setelah data dinyatakan normal kemudian dilakukan uji homogenitas yang memperoleh hasil sebesar 0,821 > 0,05, artinya data memiliki varian sama. Kemudian dilakukan uji hipotesis Uji T dan diperoleh sign (-2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya metode Discovery Learning dengan berbantuan media Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul.


Keywords


Metode Discovery Learning, Media Powtoon, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

References


Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2020). Media pembelajaran. Media Pembelajaran, 8.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Sari, D. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning melalui Game Edukasi LACIKU pada Materi Operasi Aljabar sebagai Learning Exercise bagi Siswa. Seminar Nasional Pascasarjana, 1–181. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5560

Suliyadi, S., Karnan, K., Handayani, S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantukan Aplikasi Powtoon pada Materi Jaringan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Keruak Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 242–247. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2038

Varamita, N. K. A. P., & Suarjana, I. M. (2022). Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 109–117. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46541


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nanda Amelia Aghista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.