Penerapan Media Wayang Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Ngegong

Laila Maulidatur Rohmah, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini untuk memperbaiki tingkat keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid kelas 4 SDN Ngegong kota Madiun dengan memakai media wayang kartun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah 29 siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah berlangsung selama 2 tindakan siklus, setiap tindakan siklus mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya peningkatan. Mulai dari tahap pratindakan sebesar 41,37% meningkat menjadi 62% pada siklus 1. Kemudian pada siklus 2 sebagian besar murid memperoleh kenaikan nilai ketuntasan mencapai 82,75%. Berlandaskan pada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Ngegong.

Keywords


Keterampilan, Berbicara, Wayang, Kartun

Full Text:

PDF

References


Anggun Dela Puspita, Annisa Balqis, Fitri Syakira, W. P. A. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ivmis Istiqomah Al-Ulya Desa Payageli. ALSYS Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(5), 456–467. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i5.1326

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Azizah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran buku bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan Malang. May, 31–48.

Kusyari, A. M., Sutrisno, D., Pd, M., H, D. E., Pd, S., Pd, M., Sidodadi, J., No, T., & Semarang, C. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Media Wayang Kartun terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Jurnal Pendas Mahakam, 2(2), 164–178.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6616


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laila Maulidatur Rohmah, Cerianing Putri Pratiwi, Siti Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.