Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Peserta didik Melalui Model PBL Berbantuan Treasure Hunt Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 10 Madiun

Kismala Rahmawati, Teja Insyaf Sukariyadi, Trini Susilowati

Abstract


Kolaborasi adalah kemampuan penting yang harus dipelajari siswa di kelas abad ke-21. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah pilihan yang layak untuk meningkatkan kemampuan kerja tim siswa. PBL masih harus mengatasi sejumlah tantangan untuk diimplementasikan, termasuk keterlibatan siswa yang rendah dalam proses belajar mengajar dan kurangnya integrasi teknologi di kelas. Keterampilan kolaborasi melalui model PBL berbantuan Treasure Hunt pada mata pelajaran PPKn di SMPN 10 Madiun. Penelitian ini menggabungkan metodologi penelitian tindakan di kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas tujuh SMPN 10 Madiun. Kuesioner, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan paradigma PBL dalam hubungannya dengan Treasure Hunt dapat membantu siswa menjadi lebih mahir dalam bekerja sama. Siswa dapat berkolaborasi dengan baik dalam kelompok dan lebih bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, memasukkan teknologi ke dalam kelas dapat membuat siswa lebih terlibat dalam studi mereka. Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ruang untuk perbaikan dan adaptasi penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap kebutuhan lembaga pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa model PBL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi Peserta didik.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); kolaboratif; Treasure Hunt

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, R (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum

Jakarta: Bumi Aksara.

Andrian, Y., Usman. (2019). Implementasi Pemebelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/issue/view/1679.https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.206

Li, E., Zhou, Z., & Chen, X. (2018). Edge intelligence: On-demand deep learning model co-inference with device-edge synergy. MECOMM 2018 - Proceedings of the 2018 Workshop on Mobile Edge Communications, Part of SIGCOMM 2018, 31–36. https://doi.org/10.1145/3229556.3229562

Mahanal, S. (2014). Scientific Inquiry in Lecture View project Research-based on Herbs Exploration and Use of Animal Models : Nature Materials Towards Supporting Evidence Based Medicine View project. https://www.researchgate.net/publication/319746366

Murti, K. E.(2015). Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK K-13.

Nadhiroh, P. S., Kurikulum, P., & Pendidikan, T. (2020). Keterampilan Kolaborasi MahaPeserta didik Teknologi Pendidikan Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Proyek. http://kwu.kemahaPeserta didikan.uny.ac.id/

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta didik SMP pada Pembelajaran IPA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Priandini, B., Fadly, W., Zubaidi, A., p-, J., Bela Priandini, A., & Ponorogo, I. (2022). Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII MTs N 6 Ponorogo. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13, No 1 (2019).

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Rofiq, Z., Widodo, U., & Fajartanni, D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Hasil Belajar Gambar Teknik Di Sekolah Menengah Kejuruan. Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8943

Sidi, P. (2020). Discoblog Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Peserta didik Kelas X Akl 2 Smk N 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2). DOI: 10.23917/jpis.v30i2.11011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kismala Rahmawati, Teja Insyaf Sukariyadi, Trini Susilowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.