Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Wordwall Pada Jurusan IPS di SMA

Intan Larasati, Destian Villania Putri, Karina Nurani Febriani, Regita Icha Pramesti, Rini Antika, Liana Vivin Wihartanti

Abstract


Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi jalan keluar yang dapat diambil oleh guru untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik. Guru dapat memanfaatkan platform pendidikan wordwall untuk menciptakan materi pembelajaran interaktif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunanaan wordwall sebagai media pembelajaran yang interaktif pada jenjang pendidikan SMA jurusan IPS. Memanfaatkan metode literature review berdasarkan kata kunci media wordwall dan hasil belajar, dengan memadukan metode penelitian kuantitatif. Literature review dengan batas publikasi sepuluh tahun terakhir didapat dari google scholar. Peneliti menyajikan data artikel yang diperoleh dalam bentuk tabel meliputi nama penulis dan tahun terbit, sampel yang digunakan, metode penelitian yang digunakan, intervensi dan hasil temuan. Sepuluh jurnal tentang penggunaan wordwall sebagai alat pengajar menjadi hasil dari penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan wordwall sebagai media belajar memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa meskipun menggunakan berbagai metede yang berbeda.


Keywords


Media Pembelajaran; Wordwall; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ade Jordy Setiawan, Munandar, A., & Jalaluddin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 51 Jakarta. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 9(1), 75–83. https://doi.org/10.21067/jpig.v9i1.9849

Ainishifa, H., Bunari, & Suroyo. (2023). PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI I KABUN. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(3), 321–331.

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1654. Retrieved from https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143

Endrina, D. J., & Nora, D. (2024). Implementasi Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Kubung Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.134

Ermawati, S., Gumilar, R., & Aisyah, I. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER BERBANTUAN MEDIA WORDWALL RANDOM CARDS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJAR. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 889–898. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2684

Fadilla, R., Ulumudin, A., & Wibowo, T. (2023). JURNAL NALAR PENDIDIKAN ISSN [ E ]: 2477-0515 ISSN [ P ]: 2339-0794 Online : https://ojs.unm.ac.id/nalar PENERAPAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS KEBAHASAAN ARTIKEL KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 2 THE USE OF WORDWALL MEDIA IN LE. 11, 51–56. https://doi.org/10.26858/jnp.v11i1.

Khotimah, K., Sulistyarini, S., & Adlika, N. M. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(3), 255–261. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i3.63679

Marensi, V., Suarman, S., & Syahza, A. (2023). the Effectiveness of Using Word Wall-Based Learning Media in Increasing Students’ Learning Activities on Economy Learning Subjects At Sma Pgri Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(2), 407. https://doi.org/10.33578/pjr.v7i2.9165

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628

Mukarramah, M., & Riadin, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kasongan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4365

Suhaeni, A., Bustan, B., & Sudirman, I. (2023). Media Kuis Aplikasi Word Wall dalam meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan …, 5(2), 767–775. Retrieved from http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/560


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Larasati, Destian Villania Putri, Karina Nurani Febriani, Regita Icha Pramesti, Rini Antika, Liana Vivin Wihartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.