Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama Melalui Teknik Transformasi Cerita Pendek Peserta Didik Kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024

Maulidina Pratiwi Kusumaningrum, Dwi Rohman Sholeh, Sri Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama peserta didik kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames dengan menggunakan teknik transformasi cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tes menulis teks drama untuk mengukur kemajuan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik transformasi cerita pendek efektif dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam menulis teks drama. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 50,2 pada prasiklus, menjadi 61,7 pada siklus I, dan mencapai 80 pada siklus II. Teknik transformasi cerita pendek membantu peserta didik memahami struktur drama, mengembangkan karakter, menulis dialog yang autentik, serta merangsang kreativitas. Peserta didik yang sebelumnya menghadapi kesulitan dalam mencari ide dan menyusun cerita berhasil mengatasi hambatan tersebut melalui penggunaan cerita pendek sebagai media pembelajaran. Teknik ini juga membantu peserta didik dalam menuangkan ide menjadi teks drama yang sesuai dengan kaidah penulisan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik transformasi cerita pendek dapat meningkatkan kualitas, kreativitas, produktivitas, dan efektivitas pembelajaran menulis teks drama di SMA Negeri 1 Nglames. Memungkinkan peserta didik untuk menulis teks drama dengan kata-kata yang tepat dan efektif serta menyusun dialog, alur cerita, dan pengembangan karakter dengan lebih baik.

Keywords


Teks Drama; Transformasi; Teknik Transformasi Cerita Pendek

Full Text:

PDF

References


Royana, Liza Faida., dkk. 2021. “Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Drama untuk Siswa Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 2, No. 1. Website https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/350

Sastriani, Siti Hariti. 2007. “Transformasi Gaya Bahasa Dalam Karya Sastra Terjemahan”. Jurnal Staf Pengajar Bahasa Prancis. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Website https://media.neliti.com/media/publications/11763-ID-transformasi-gaya-bahasa-dalam-karya-sastra-terjemahan.pdf

Widayati, Ani. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VI, No. 1. Website https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1793


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maulidina Pratiwi Kusumaningrum, Dwi Rohman Sholeh, Sri Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.