Penerapan Model Problem Based Learning dalam melatih Computational Thingking pada Siswa

Dita Eka Sari

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui keefektifan Model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan computational thinking siswa melalui pendekatan berpikir kritis dalam pemecahan masalah.. PBL mendorong siswa untuk menyelesaikan masalah nyata yang relevan dengan menggunakan pemikiran komputasional. Proses ini tidak hanya melibatkan penguasaan konsep-konsep komputasi, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, analisis data, dan pengambilan keputusan. Dengan demikian, PBL tidak hanya meningkatkan pemahaman teknis siswa terhadap komputasi, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia nyata secara lebih efektif.

Keywords


Model Problem Based Learning; Computational Thingking

Full Text:

PDF

References


Aisyah Nofziarni, H. Y. (2019). Pengaruh Penggunaan model Problem Based Learning ( Pbl )Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4 .

Ayu Aprilia Pangestu Putri, H. H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol 15, No 2 , 204-212.

Gita Lestari Pratiwi, B. A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Kebon Bawang 03 Jakarta. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol. 8, No. 1, 241- 360.

Muhammad Nur Fain Syamsy, A. S. (2023). Computational Thinking pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Maulana Maghribi Kandeman dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, No 3, 212-227.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, 125-143.

Pengaruh Penggunaan model Problem Based Learning ( Pbl )Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. (n.d.).

Sitepu, D. F. (2024). Analisis Studi Literatur Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Computational Thinking Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa Vol. 2 No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dita Eka Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.