Meningkatkan Perilaku Asertif melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nglames Tahun Ajaran 2023/2024

Heny Apriani, Dwi Zaini Imron Susilo, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Perilaku asertif merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk mengekspresikan diri, menyampaikan pendapat, dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus ke 1, terjadi peningkatan perilaku asertif pada siswa tidak signifikan, namun masih terdapat kekurangan. Pada siklus ke 2, dilakukan perbaikan dengan melibatkan siswa dalam penyusunan naskah atau dialog role play. Hasilnya, seluruh siswa mengalami peningkatan perilaku asertif yang signifikan, seperti kemampuan mengungkapkan perasaan, mempertahankan hak pribadi, memiliki harga diri tinggi, dan menciptakan hubungan yang jujur. Melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play terbukti dapat meningkatkan perilaku asertif siswa melalui pemahaman pentingnya perilaku asertif, pengalaman langsung memerankan perilaku asertif dan keterlibatan aktif dalam penyusunan naskah dialog.


Keywords


Perilaku asertif, Bimbingan kelompok, Role play.

Full Text:

PDF

References


Anfajaya, M.A. dan Indrawati E.S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, Vol 5 (3), 529-532. Semarang: Universitas Diponegoro.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling (I). PT Indeks.

Khan, R.I. (2012). Perilaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 1, No. 2, hal 143-154. Surabaya: Untag Surabaya.

Safura, S. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Performa Peserta Didik di SMAN 5 Banda Aceh. UIN

Rizkiyah, F.N.A. & Hariastuti, R.T. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas Viii Di Smpn 35 Surabaya.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sriyanto dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, Volume 41, No. 1. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Maisyaroh Sri, Astuti, A.D., (2024). Penerapan Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling Volume 14 (1) 11 – 26 Mei 2024. ISSN: 2088-3072 (Print) / 2477-5886 (Online)

Widiyanti. S.D, dkk. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Metode Bermain Peran Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 2 Ponorogo. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), Volume 2 No 2, 381-388. ISSN: 2987-3940.

Zulkaida, Anita. (2015). Tingkah Laku Asertif Pada Mahasiswa. Proceeding. Seminar Nasional ISSN: 18582559. Depok: Universitas Gunadarma.

Nilawati, C. (2017). Upaya meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Jalur Kartu Menuju Sejahtera Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Group Dynamics. Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heny Apriani, Dwi Zaini Imron Susilo, Dahlia Novarianing Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.