Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa melalui Pendekatan Experiential Learning dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Prisa Sari Yantika, Rischa Pramudia Trisnani, Wiwik Setyowati

Abstract


Sepanjang perjalanan hidup manusia, pengalaman adalah Guru terbaik untuk belajar. Begitu pula dengan siswa, pengalaman bermakna yang dimiliki dapat menjadi pedoman bagi peserta ddik untuk memahami dan mengembangkan baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, juga dikenal sebagai PTBK.. Menurut pendekatan yang digunakan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konselor di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menggunakan teknik leraning experiential untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam layanan bimbingan dan konseling, terutama layanan bimbingan kelompok. Hasil observasi menunjukkan pada siklus pertama siswa menunjukkan 3 dari 10 indikator keterampilan sosial. Sedangkan pada siklus kedua siswa menunjukkan 8 dari 10 indikator keterampilan sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan experiential learning dalam layanan bimbingan dan konseling.


Keywords


Experiential learning; Layanan bimbingan dan konseling; Keterampilan sosial

Full Text:

PDF

References


Ariantini, Novi, dan Turdjai Turdjai. 2021. “PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 10 Lahat).” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 10(1):111–20. doi: 10.33369/diadik.v10i1.18118.

Cartledge, Gwendolyn, dan JoAnne Fellows Milburn. 1995. Teaching social skills to childern and youth : innovative approaches. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Hakima, Azizatul, dan Lutfiyah Hidayati. 2020. “PERAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KETERAMPILAN TATA BUSANA.” Jurnal Online Tata Busana 09(3):51–59. doi: https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p51-59.

Hapsari, Skolastika, dan Henny Christine Mamahit. 2023. “BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SEPULUH SISWA KELAS VIII SMP TARAKANITA GADING SERPONG.” JURNAL PSIKO EDUKASI 21(2):84–105. doi: 10.25170/psikoedukasi.v21i2.4930.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Edisike-5. Jakarta: Erlangga.

Jannah, Fathul, dan Akhmad Sugianto. 2022. “Hubungan Keterampilan Sosial dan Kontrol Diri dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 12(1):75–84. doi: 10.25273/counsellia.v12i111770.

Kamaluddin, H. 2011. “Bimbingan dan Konseling Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(4):447–54. doi: 10.24832/jpnk.v17i4.40.

Latipun, Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Martono, Erika Putri, Solihatun Solihatun, dan Wahyu Eka Prasetyaningtyas. 2021. “Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir.” Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa 1(2):167–74. doi: 10.30998/ocim.v1i2.5262.

Prayitno, Prayitno, dan Erman Amti. 2004. Dasar - Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnami, Rahayu S., dan Rohayati Rohayati. 2016. “IMPLEMENTASI METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILLS MAHASISWA YANG MENUNJANG INTEGRASI TEKNOLOGI, MANAJEMEN DAN BISNIS.” Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1). doi: 10.17509/jpp.v13i1.3511.

Widoyono, Eko P. 2009. EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prisa Sari Yantika, Rischa Pramudia Trisnani, Wiwik Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.