Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMPN 6 Madiun melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Bab Peluang

Evi Nur Hayati, Sardulo Gembong, Dwi Retno Nurnaningsih

Abstract


Penelitian berikut ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIB SMPN 6 Madiun melalui model pembelajaran PBL dengan menerapkan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) pada mata pelajaran Matematika Bab Peluang. Pendekatan CRT ini tertuang dalam media pembelajaran. PTK Kolaboratif antara mahasiswa, dosen dan guru pamong adalah metode dalam penelitian ini. Penelitian tindakan kelas berlangsung pada dua siklus pembelajaran, dimana hasil belajar peserta didik pada siklus pertama mencapai rata-rata 77,33, dan meningkat menjadi 89,35 pada tes hasil belajar matematika siklus kedua. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata tersebut menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran PBL serta pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran memberikan dampak yang baik dalam hasil belajar peserta didik.


Keywords


Problem based learning, Culturally responsive teaching, Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Fattah, M., Pi, S., & Si, M. (2020). Modul 13 1. (Issue Him 615, pp. 1–8).

Febri Ariffiando, N., Susanti, A., Yolanda Azaria, F., & Darmansyah, A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Pesisir Bengkulu untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.1.1-14

James, M., & Djamarah, S. B. (2011). Pengertian Belajar Ciri-ciri Belajar Belajar Dalam Sudut Pandang Teknologi Pendidikan. 1–8.

Kelas, P., Di, I. I. I., Dasar, S., & Blumai, S. E. I. (2023). 2495-Article Text-6457-1-10-20230214 (1). 3(9), 7765–7770.

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya. (n.d.). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, N. 22 T. 2020. (2020). Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 174.

Prihartini, Y., & Buska, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Sosial Dan Budaya. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 25(2), 118–134. https://doi.org/10.30631/nazharat.v25i2.21

Siswa, P. K. K. T. A. F. T. S. E. K. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 11438–11444.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Evi Nur Hayati, Sardulo Gembong, Dwi Retno Nurnaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.