Peranan Media Pembelajaran Mesin Hitung Pembagian dalam Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Pembagian pada Kelas IV SD Negeri Pangongangan

Hilda Apriliana, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik di kelas IV yang belum memahami konsep pembagian dan merasa kesulitan dalam mata pelajaran matematika khususnya mengenai operasi pembagian. Terlebih lagi kurangnya kreativias dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran guna membantu peserta didik memahami materi pembelajaran. Untuk itu pada penelitian ini akan membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar pada operasi pembagian dengan menggunakan media pembelajaran mesin hitung pembagian pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik dari kelas IV SD Negeri Pangongangan dengan jumlah 26 peserta didik. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi pecahan dengan berbantuan media pembelajaran mesin hitung pembagian dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada pra-siklus peserta didik yang memenuhi KKM sebesar 11.5%, pada siklus I 69.1% dan penyempurnaan hasil belajar pada siklus II sebesar 88.4%.


Keywords


Operasi Pembagian, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Noni, E, dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Dalam jurnal Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA. Hal-928.

Putri, A, dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Dalam jurnal Journal on Education. Volume 05, No. 02.

Fazariah, Noor dkk. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Dalam jurnal PTK dan Pendidikan. Volume 06 No.2.

Okta, Mia dkk. (2024). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Menggunakan Model PJBL Berbantuan Media TTS Siswa Kelas V SD. Dalam jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 09 Nomor 02.

Novia, Wiwid dkk. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah Di Tingkat Sekolah Dasar Wilayah Duri Kepa. Dalam jurnal Pendidikan Dasar.

Sunarsih, Eka dkk. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Pembagian Bersusun Panjang Menggunakan Media Sedotan Bagi Siswa Kelas IV SDN Wonokusumo IX/595 Surabaya. Dalam jurnal PGSD. Volume 02 Nomor 02.

Susilowati, Dwi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Dalam jurnal Edunomika. Volume 02 Nomor 01.

Margiyanti, Iis dkk. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Dalam jurnal Jupensi. Volume 03 Nomor 01.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hilda Apriliana, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.