Pemanfaatan Media Papan Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Manguharjo Kota Madiun

Novita Anggraini, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Papan Bangun Datar sebagai media pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Manguharjo Kota Madiun. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun yang dilaksanakan dalam  2 siklus. Setiap siklus pembelajaran menggunakan model Kurt Lewin yang didalamnya terdapat tahap; (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh nilai rata-rata siswa kelas IV pada pra siklus yaitu 71,3 menjadi 76,3 pada siklus I dan 80,6 pada siklus II. Sehingga dapat membuktikan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilakukan untuk evaluasi pembelajaran berbantuan media Papan Bangun Datar  pada mata pelajaran matematika Kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa Papan Bangun Datar sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Manguharjo Kota Madiun.

Keywords


Hasil Belajar; Matematika; Papan Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Teguh, P. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 75-94

Namiroh, S., Syarif Soemantri, M., Situmorang, R. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 53-67.

Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 83–91.

Hidayat, S. (2004). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsu, S. (2015). Strategi Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru (Catakan I). Makassar: Aksara Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novita Anggraini, Diyah Santi Hariyani, Zalita Vidiani Nurhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.