Efektivitas Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Menggunakan Media Scrapbook

Nanda Rizky Amalia, Hartini Hartini, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui suatu model PBL bekerja dengan baik dengan media ScrapBook berdasarkan hasil belajar matematika. Siswa SDN 01 Winongo kelas III A dan III B adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan desain Quasy Experimental Post-Test-Only, dan teknik pengumpulan data melalui prosedur tes. Studi ini melibatkan 52 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas III A menjadi kelas eksperimen, dan 27 siswa kelas III B menjadi kelas kontrol. Metode cluster sampel acak digunakan untuk mengumpulkan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas yang menggunakan model (PBL) berbantuan media ScrapBook dan kelas yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media ScrapBook adalah pilihan yang tepat untuk pendidikan.

Keywords


Problem Based Learning;Media ScrapBook

Full Text:

PDF

References


Arif, A., Sukuryadi, S., & Fatimaturrahmi, F. (2019). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2), 108–116. https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.184

Afifah, U. N., Suwandono dan Oktaviani, D.N., 2018, Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2):2502-8391

Alper Aslan. 2021. Problem Based Learning in live Online Classes:Learning Achievement, Problem Solving Skill, Commucation Skill, and Interaction. 2021.104237

Bosica, J., S.Pyper, J., & MacGregor, S. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.10 3335

Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881.

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2027). Pengarh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283-287.

Kodariyati, L., Astuti, B., PGRI Metro Lampung, S., Banjarrejo, J., & Batanghari Kec Lampung Timur, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd the Effects of the Pbl Model on the Mathematical Communication and Problem-Solving Skills of Five-Graders of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16

Luthfiana, R., Muannifridwan, Mahluddin, & Jalal, M. (2021). Penerapan Video Content Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Hasil Belajar Mengajar Daring Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 …. Jurnal Indratech, 2(2), 61–73

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Rizky, S. P., Maknun, D., & Maryuningsih, Y. (2014). PROJECT-BASED LEARNING USING SCRAPBOOK ON HUMAN RESPIRATION SYSTEM MATERIAL TO IMPROVE CREATIVE THINKING SKILLS.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nanda Rizky Amalia, Hartini Hartini, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.