Peran Konselor dalam Menangani Perilaku Phubbing Siswa Kelas XI di SMK Gamaliel 1 Madiun

Adinda Kurnia Ayuningati, Silvia Yula Wardani, Ratih Christiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang informasi peran konselor dalam menangani perilaku Phubbing yang terjadi pada siswa kelas XI di SMK Gamaliel 1 Madiun. Phubbing adalah ketergantungan siswa terhadap Smartphone sehingga terjadinya pengabaian terhadap lawan bicara di lingkungan sekolah baik teman ataupun guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah Konselor/Guru BK SMK Gamaliel 1 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan pedomen observasi Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber dan teknik.


Keywords


Konselor, Phubbing

Full Text:

PDF

References


Kurnia, S., Sitasari, N. W., & Safitri. (2020). Kontrol Diri dan Perilaku Phubbing Pada Remaja di Jakarta. Jurnal Psikologi Volume 18 No 1, 58.

Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. Jurnal Sosial dan Humaniora, 10.

Agung, A. (2021). Perilaku Phubbing dan Cara Penanganannya Studi Kasus Pada 1 Siswa di SMK Negeri 10 Makassar. Jurnal BK FIP Universitas Negeri Makassar, 2.

Anniza, N. A., & Ismail, A. (2023). Fenomena Phubbing Pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu. Jurnal Predestination Vol 5 No 1, 28.

Dwi, M., & Syavyra, A. (2021). Peran Konseling Islam Dalam Mengatasi Fenomena Phubbing Pada Remaja Milenial. Proceeding ICIEGC, 16.

Goreti, M., & Ahmadin. (2023). Dampak Phubbing Bagi Para Remaja Khususnya Pelajar. Pinisi Journal Of Art, Humanity and Social Studies, 97.

Isofin, B. (2020). Validasi Generic Scale Of Phubbing. Jurnal Nusantara Of Research , 11.

Jayadi, A., Salmiati, & Dia, A. (2021). Studi Kasus Perilaku Phubbing Dan Pencegahanya Melalui Self Management Siswa di. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling Vol 2 No 2, 55.

Najah, M., Fadilah, A., Rachmi, I., & Iskandar. (2022). Perilaku Phone Snubbing (Phubbing) Pada Generasi X, Y dan Z. Jurnal Psikologi Ilmiah , 26.

Parta, I. M., & Hadarawi, S. (2023). Praktik Kerja Lapangan Dan Informasi Pekerjaan Terhadap Kesiapan Kerjasiswa Kompetensi Teknik Tenaga Listrik Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023 Di SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Teknologi Vol 17 No. 1, 2.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian. Jurnal Lontar Vol. 6 No. 1, 13.

Putra. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Latihan Pada Cabang Olahraga Sepak Bola Buana Samudra Kota Bengkulu. Jurnal Edu Sport , 3.

Safitri, N., & Rinaldi. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa SMAN 2 Kota Bukittinggi. Jurnal Aktual Psikologi Vol. 13 No. 2, 197.

Sugiyono. (2022). Metode Penlitian Kuantitatf, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Wardani, S. Y. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Madiun: Universitas PGRI Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adinda Kurnia Ayuningati, Silvia Yula Wardani, Ratih Christiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.